PROFESI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, sehingga muncul istilah revolusi industri 4.0 yang bertujuan untuk memproduksi barang dengan mudah, cepat, dan tentunya murah.
Sebuah perubahan besar identik dengan big data, internet of things, cloud computing, dan machine learning. Hal tersebut tentu memunculkan berbagai profesi baru sebagai bentuk adaptasi atas kebutuhan perusahaan. Namun sayangnya, dengan kemajuan teknologi tersebut beberapa pekerjaan atau profesi malah kalah bersaing, bahkan tidak menutup kemungkinan akan tergantikan.
PELUANG PROFESI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Di sisi lain, ada beberapa pekerjaan atau profesi yang bisa menjadi peluang besar di era revolusi industri 4.0, di antaranya:
1. Content Creator
Saat ini banyak sekali content creator yang bermunculan, profesi tersebut berasal dari berbagai latar belakang pendidikan atau bidang ahli yang berbeda. Meskipun begitu, menjadi seorang content creator harus memiliki kreativitas yang tinggi dan komunikasi yang baik untuk bisa berkompetisi menghasilkan karya yang menarik, viral, dan bahkan bisa mempengaruhi banyak orang.
2. Aplikasi dan Web Developer
App developer bertugas mengembangkan software dengan memakai bahasa pemrogaman. Sedangkan web programmer adalah produk aplikasi yang biasa kita download di smartphone. Seorang app developer dituntut untuk memahami algoritma dan logika pemograman seperti menguasai HTML, Ruby, Java, dsb.
Dan web developer memiliki peranan cukup penting sebagai pembuat aplikasi yang berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman. Apabila Anda ingin menjadi web developer, maka Anda harus mempelajari front-end, back-end developer, HTML, CSS, dsb.
3. Copywriter atau Content Writer
Content writer bekerja membuat konten yang dimaksudkan untuk menyampaikan pesan kepada pembaca melalui tulisannya. Berbeda dengan copywriter yang lebih spesifik membuat konten yang diperuntukkan untuk promosi atau iklan sebuah produk agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Di era digital seperti saat ini, kedua profesi tersebut mempunyai andil besar sehingga semakin dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin memasarkan produknya menggunakan jasa konten marketing dalam bentuk digital.
4. SEO Specialist
SEO (Search Engine Optimization) Specialist mempunyai tanggung jawab untuk terus update dan mengikuti perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus mengalami perubahan. SEO Specialist bertugas mengoptimalkan website, sehingga mampu berada di posisi teratas di halaman pertama Google.
5. Spesialis Media Sosial
Saat ini hampir semua orang memiliki media sosial, hal tersebut dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan sebagai wadah marketing dan mendapatkan konsumen melalui media sosial. Untuk membranding sebuah produk atau perusahaan dibutuhkan juga spesialis media sosial yang bertanggung jawab atas konten dan menganalisa feedback dari warganet.
Itulah di antara beberapa profesi yang mempunyai peluang besar dan semakin dicari oleh banyak perusahaan. Masih banyak lagi profesi lainnya yang menuntut kita lebih kreatif dan meningkatkan soft skill. Semoga kita selalu cepat bisa beradaptasi menghadapi berbagai perubahan yang terjadi.