Tinggal menghitung beberapa hari lagi kita akan menuju tahun 2022. Selain membuat resolusi, sebagai pebisnis Anda juga harus memperhatikan trend digital marketing yang terus berkembang setiap tahunnya. Meskipun dua tahun ke belakang terdapat pandemi, namun berbagai platform media sosial terus bertumbuh dengan berbagai fitur barunya. Masih berhubungan dengan artikel kemarin yang membahas peluang profesi di industri 4.0.

kreativa konsultan brand marketing bandung pemasaran digital dengan marketing 4.0

Berikut beberapa hal yang diprediksi akan menjadi trend digital marketing di tahun 2022.

1. Video Marketing Meningkat

Beberapa waktu lalu instagram meluncurkan fitur reels yang menyerupai tiktok. Fitur tersebut banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk atau brand sesuai dengan kreativitas masing-masing. Di tahun 2022 diprediksi digital marketing akan mendominasi teknik pemasaran berupa video melalui Youtube, Instagram, Tiktok, dan Facebook.

Prediksi tersebut didukung dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 52% pelanggan memutuskan untuk membeli produk setelah melihat konten video. Data tersebut cukup membuktikan bahwa konsumen lebih menyukai konten gambar yang bergerak dengan berbagai kreativitas yang diciptakan.

2. Shoppable Post

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh media sosial berfungsi untuk memudahkan pengguna berbelanja online. Seperti instagram checkout yang bisa menampilkan harga produk sehingga bisa membelinya langsung tanpa melalui situs penjualan. Tidak hanya instagram, di tahun 2022 diprediksi facebook juga akan mengedepankan fitur shopping.

3. Menggunakan Teknologi Artficial Intelligence

Di dunia marketing, Artficial Intelligence (AI) akan diterapkan ke dalam fitur Chatbots yang bermanfaat untuk mempermudah customer service dalam melayani pelanggan, selain itu juga bisa memprediksi perilaku pelanggan sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. AI juga diterapkan di Google Ads untuk mengoptimasi campaign dengan mengidentifikasi design dan copy secara otomatis.

Itulah beberapa prediksi trend digital marketing 2022. Siapkan strategi Anda dari sekarang. Kunjungi halaman instagram kami untuk info dan tips lainnya!