Bagi pemula yang sedang merintis bisnis tentu perlu memahami apa perbedaan marketing dan branding. Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan marketing agar produk Anda bisa sampai kepada konsumen yang tepat. Namun, di sisi lain perusahaan juga membutuhkan branding untuk membesarkan namanya agar produk tersebut mudah diingat dan selalu melekat di benak konsumen.
Secara sederhana, branding adalah nama bisnis Anda, sedangkan marketing adalah bagaimana langkah-langkah Anda untuk membangun nama tersebut. Branding sangat strategis, sedangkan marketing bersifat taktis.
Menurut Philip Kotler, marketing adalah suatu kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh masing-masing individu atau sekelompok orang. Marketing dimaksudkan agar mendapatkan apa yang perusahaan inginkan dengan membuat suatu produk kemudian menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak yang lain.
Marketing juga berhubungan dengan proses membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang bisa dilakukan melalui iklan, survei, berjualan, menciptakan produk sesuai permintaan pasar, dll. Marketing secara aktif mempromosikan produk dan mengirim pesan kepada audiens yang sesuai target.
Sedangkan pengertian branding menurut Philip Kotler adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Berbicara branding, biasanya perhatian kita akan tertuju pada sebuah logo, nama atau ikon perusahaan yang sudah melekat dibenak kita. Misalnya, ketika kita sedang membicarakan air mineral kemasan, maka secara otomatis kita akan cenderung mengatakan Aqua. Itulah branding, suatu proses menciptakan citra positif dari perusahaan dan bagaimana upayanya agar bisa melekat di benak konsumen.
Apabila sebuah perusahaan sudah memiliki brand yang kuat, maka akan memudahkan Anda ketika proses penjualan dan marketing. Sebuah merek akan memastikan loyalitas dari pelanggan, sedangkan marketing akan mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda. Pada intinya, peran antara marketing dan branding keduanya saling berhubungan.
Foto: Freepik