Penggunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Skala Kecil, Apakah Anda salah satu pelaku UMKM? Bagi para pelaku UMKM, pengaplikasian digital marketing menjadi salah satu peran signifikan untuk bisa meningkatkan penjualan di masa kini. Tidak hanya perusahaan besar, bagi Anda yang baru memulai berbisnis pun tidak ada salahnya untuk memperluas target market Anda dengan menggunakan pemasaran digital.

Melansir dari Glints digital marketing adalah bagian dari metode pemasaran dengan platform yang lebih modern, yaitu dilakukan secara digital melalui jaringan internet yang bisa terhubung ke seluruh dunia. Banyaknya masyarakat yang menggunakan gadget dan internet menjadikan pemasaran secara digital berpotensi besar untuk menarik konsumen.

Platform digital menjadikan pemasaran menjadi lebih masif, tapi tetap terukur. Promosi produk pun lebih efektif karena sangat mudah menemukan calon konsumen spesifik yang sesuai dengan target market kita. Mengingat pentingnya memanfaatkan digital marketing untuk promosi produk bisnis, berikut ada beberapa tips yang dirangkum dari Glints terkait penggunaan digital marketing untuk bisnis skala kecil, di antaranya:

1. Aset Digital

Aset digital adalah tempat di mana Anda akan mempromosikan dan menjual produk atau jasa melalui internet, misalnya seperti akun media sosial, marketplace, website, sampai WhatsApp Business. Dengan melalui aset digital tersebut, kita bisa mempromosikan di platform digital.

2. Merencanakan Kegiatan Promosi atau Campaign

Langkah selanjutnya adalah merencanakan kegiatan promosi apa saja yang akan dijalankan. Untuk awalan, fokuskan aset digital mana yang akan dioptimalkan. Setelah itu buatlah promosi yang menarik perhatian calon konsumen Anda.

3. Membuat Konten

Untuk membuat konten, Anda harus menyesuaikan dengan platform media mana yang akan digunakan, karena setiap platform memiliki karakteristik user dan ‘cara main’ yang berbeda. Contohnya, Instagram adalah platform yang fokus pada konten visual, sedangkan TikTok fokus pada video yang berdurasi singkat. Begitupun dengan marketplace yang mempunyai karakteristik berbeda sesuai dengan demografi penggunanya.

4. Mempersiapkan Budget Marketing

Mengalokasikan budget untuk kegiatan digital marketing tentu tidak bisa dihindari. Anda bisa memasang iklan di Facebook, Instagram, Google, atau bekerja sama dengan influencer. Dengan memasang iklan secara digital, produk Anda akan sampai pada orang-orang tepat yang sesuai dengan target market produk Anda masing-masing.

Foto: Freepik