Tidak hanya dalam bentuk buku atau hardcopy, saat ini membuat company profile sebuah perusahaan bisa diproduksi juga dalam bentuk video. Seiring dengan perkembangan zaman, video company profile saat ini banyak diminati oleh perusahaan karena menarik minat banyak audiens. Menurut Hubspot, penggunaan konten video bisa meningkatkan pendapatan sebesar 49% lebih cepat dari mereka yang tidak menggunakan video.

Lalu, apakah yang disebut dengan company profile? Menurut Thomas Net, yang dilansir melalui Glints, company profile adalah sinopsis singkat mengenai profil brand yang di dalamnya terdapat beberapa penawaran untuk ditujukan kepada konsumen. Sebuah company profile yang baik akan menjelaskan secara padat dan jelas mengenai apa saja jenis layanan yang ditawarkan dan apa saja value yang dimiliki oleh perusahaan.

Mayoritas video company profile biasanya hanya berdurasi 2 menit, di waktu yang singkat tersebut akan menampilkan konten berupa visi misi perusahaan, tujuan, layanan, dan bagaimana sebuah produk atau layanan perusahaan bisa memecahkan masalah pelanggan. Dapat dikatakan, video company profile adalah rangkuman singkat yang berisi informasi terkait suatu brand atau perusahaan.

Company profile bisa dikemas dengan berbagai jenis video, misalnya ilustrasi, wawancara, atau bahkan dengan gaya film dokumenter yang tetap mengacu pada brand identity. Salah satu aspek yang terpenting dalam pembuatan video company profile adalah konsep atau ide utama video perusahaan agar bisa menarik perhatian banyak audiens, mempertahankannya, dan melibatkan mereka untuk menjadi pelanggan tetap.

Apa Saja Manfaat Video Company Profile?

Video company profile mempunyai peran dan berpengaruh besar dalam mengubah konsumen potensial menjadi konsumen loyal terhadap brand. Melansir dari Marketing Craft, ada beberapa alasan mengapa suatu brand atau perusahaan membutuhkan video company profile, di antaranya yaitu untuk membagikan cerita brand dengan cara yang menarik sehingga bisa membangun brand awarenes. Dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap brand, meningkatkan traffic ke website, dan bisa juga untuk meningkatkan performa email marketing.

Sedangkan menurut AVB yang dilansir dari Glints, ada empat manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dari video company profile, yaitu mempermudah perusahaan dalam menjaring prospek baru, sarana yang baik untuk menceritakan latar belakang perusahaan, dapat membantu mempromosikan brand perusahaan di tengah ketatnya persaingan, dan menjadi media yang jitu untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggannya.

Apabila Anda tertarik untuk membuat video company profile, berikut ini ada beberapa tips yang telah dirangkum dari beberapa sumber yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

Baca juga: 7 Langkah Memahami SEO Video Marketing

1. Tentukan Konsep Video

Sebelum membuat video company profile, Anda harus membuat terlebih dahulu konsep video seperti apa yang ingin ditampilkan, sehingga akan memudahkan proses selanjutnya. Pembuatan konsep ini harus melibatkan banyak pihak yang terkait dengan marketing perusahaan.

2. Buat Skrip

Menurut The Fresh Ink, skrip merupakan hal yang cukup krusial karena bisa menentukan alur produksi video ke depannya. Anda harus membuat skrip yang bisa membuat audience tertarik dan tetap menonton video company profile Anda hingga selesai.

3. Manfaatkan B-roll

B-roll adalah istilah yang mengacu pada klip tambahan yang diselingi dengan footage utama. Contoh b-roll misalnya di dalam video jenis wawancara yang diselingi transisi dengan menampilkan produk atau layanan tertentu.
4. Menggunakan Jasa Agency

Apabila perusahaan Anda belum mempunyai tim profesional untuk memproduksi video company profile, Anda bisa memanfaatkan jasa agency atau jasa konsultan branding dan marketing yang menyediakan layanan jasa pembuatan company profile.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai video company profile. Apabila Anda masih kesulitan membuat video company profile, Kreativa siap membantu Anda untuk pembuatan video compro perusahaan. Untuk memulainya, Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami, atau bisa melihat hasil harya berbagai video company profile dan video marketing lainnya di sini.