5 Tips Membuat Materi Iklan Produk Makanan dan Minuman, Industri makanan dan minuman (F&B) di Indonesia semakin banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun dalam kondisi pandemi, industri F&B tetap bisa bertahan dan mampu mengikuti kemajuan teknologi. Menurut data Kementerian Perindustrian, di tengah pandemi Covid-19 industri F&B mengalami pertumbuhan positif 2,95% pada kuartal II-2021. Selain itu juga memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 6,66%.

Meskipun terlihat menggiurkan, apabila Anda akan mencoba bisnis di bidang F&B harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat agar produk Anda bisa bersaing dengan kompetitor, karena bisnis F&B merupakan salah satu bisnis yang sudah menjamur. Melansir dari Amazon Ads, berikut ini ada beberapa tips dasar untuk membuat materi iklan produk F&B, yaitu:

1. Be Careful with The CTA Sizing

Konsumen lebih menyukai penampilan produk yang terdapat informasi dalam suatu iklan dibandingkan dengan kalimat-kalimat Call to Action (CTA). Penggunaan kalimat Call to Action harus mempertimbangkan ukuran dan letaknya agar tidak terkesan mengganggu konsumen.

2. Showcase The Product

Menampilkan produk yang akan dijual dan menunjukkannya kepada konsumen. Hal tersebut membantu konsumen untuk mengetahui apakah produk tersebut relevan atau tidak bagi mereka? Ternyata konsumen lebih tertarik melihat produk makanan atau minuman dibandingkan dengan melihat visual manusia. Maka dari itu, fokuskan materi iklan Anda pada produknya, bukan dengan menampilkan foto seseorang.

3. The Words are Matters

Gunakan copywriting yang menarik dan informatif, karena penggunaan kata-kata sangat penting untuk menarik minat konsumen. Berikan keterangan dan informasi mengenai produk Anda secara detail, sehingga bisa membantu konsumen untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sertakan juga kata-kata diskon, promo, buy one get one, hemat hingga sekian persen, atau kalimat lainnya yang bisa meningkatkan performa iklan Anda.

4. Colors and Lighting are Important

Permainan warna dan pencahayaan akan memberikan dampak signifikan untuk konten iklan Anda. Konsumen produk makanan akan lebih tertarik dengan iklan yang di dalamnya terdapat visual yang menggiurkan lidah. Misalnya foto atau video yang menampilkan ayam geprek, maka konten iklan tersebut harus memperlihatkan ayam dan sambal dengan visual yang menyebabkan seseorang ingin segera memakannya dan tergiur oleh konten kita.

5. More Object Can Help

Dalam proses produksi membuat konten iklan makanan dan minuman, kalimat the more are the better bisa membantu untuk menarik perhatian konsumen. Semakin banyak objek, maka konten iklan Anda semakin menarik karena dapat membantu meningkatkan tampilan iklan. Namun, objek tersebut harus sesuai dengan produk Anda. Misalnya, produk susu kurma. Anda bisa menambahkan objek seperti kurma, susu, dan kacang-kacangan. Atau contoh lainnya seperti bakso mercon, Anda bisa menambahkan objek cabe dan rempah-rempah agar terlihat menarik.