Mempunyai brand terkenal tentu bukanlah hal yang mudah, membutuhkan proses yang tidak instan untuk menciptakannya. Bagi Anda yang akan memulai bisnis, ataupun yang sudah mulai merintis, ada baiknya untuk mempelajari bagaimana cara membangun branding produk yang melekat di benak pelanggan. Brand atau merek merupakan identitas bisnis yang membedakan produk ataupun jasa yang dimiliki kita dengan produk kompetitor.
Semakin kuat kesadaran terhadap brand produk Anda di dalam benak dan pikiran pelanggan, maka akan semakin sering pula pelanggan mencari dan menggunakan produk atau layanan jasa Anda. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara membangun produk yang bisa menarik dan melekat di benak pelanggan? Berikut ini beberapa langkah atau tipsnya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, di antaranya:
Pilih Nama Brand yang Singkat dan Mudah Diingat
Pemilihan untuk nama brand atau merek merupakan salah satu faktor terpenting. Anda bisa menuliskan terlebih dahulu ide atau nama brand yang diinginkan. Pastikan nama brand tersebut harus mewakili produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.
Agar lebih mudah diingat, buatlah nama brand tidak lebih dari tiga suku kata. Nama yang singkat, jelas, dan mudah diucapkan tentu akan lebih diingat oleh konsumen. Langkah selanjutnya apabila sudah menemukan nama brand, pastikan nama tersebut belum dipakai oleh yang lainnya. Setelah itu, Anda wajib mendaftarkan nama brand atau merek Anda pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI).
Proses legalisasi tersebut bertujuan untuk menghindari copyright oleh pihak lain di kemudian hari. Nah, apabila Anda kesulitan untuk membuat nama brand, Anda bisa konsultasikan bersama kami yang membuka jasa layanan konsultan marketing dan branding.
Baca juga: Beberapa Jenis Branding untuk Meningkatkan BisnisĀ
Buat Slogan yang Menarik
“Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Siapa yang tidak tahu dengan slogan tersebut? Brand Teh Botol Sosro sudah sangat familiar di kalangan masyarakat melalui slogannya. Teh Botol Sosro telah berhasil mempengaruhi masyarakat dengan slogannya yang seakan-akan mengharuskan konsumen untuk membeli produknya setelah selesai makan. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya Teh Botol Sosro yang kita temukan di berbagai tempat makan.
Menurut Recomm, Anda bisa membuat slogan dalam bentuk lagu pendek atau jingle yang menarik perhatian, easy listening, dan mudah diingat. Hal tersebut bertujuan agar pelanggan bisa ingat dengan produk atau jasa Anda hanya dengan mendengar slogannya saja.
Desain Logo
Menurut Milton Glaser, logo adalah pintu masuk yang mencerminkan sebuah brand. Logo dapat mencerminkan wajah dan kepribadian sebuah entitas. Mengingat begitu pentingnya desain logo, maka dari itu Anda harus membuatnya dengan penuh perencanaan sesuai dengan value brand Anda.
Dalam pembuatan logo, sebaiknya sesuaikan dengan filosofi dan keinginan Anda yang disesuaikan dengan nilai-nilai dari brand atau mereknya. Namun, apabila Anda masih kesulitan untuk membuat logo yang menarik dan sesuai dengan brand, tidak ada salahnya untuk menggunakan brand design agency terpercaya agar proses membangun branding produk yang melekat di hati konsumen bisa berjalan dengan baik.
Buat Diferensiasi Produk
Untuk membuat diferensiasi atau ciri khas produk membutuhkan kreativitas tingkat tinggi, disertai dengan inovasi dan mengikuti tren terkini. Dengan membuat diferensiasi, produk atau jasa Anda akan mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.
Demikian beberapa langkah terkait cara membangun produk yang bisa menarik dan melekat di benak pelanggan Anda. Semoga bisa memberikan pencerahan. Apabila masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk konsultasikan bersama kami untuk menemukan solusinya.