Saat ini, media sosial menjadi salah satu platform yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan social media marketing sebagai strategi pemasarannya, contohnya seperti endorsement atau Instagram Ads. Namun, manakah yang lebih efektif untuk digunakan antara endorsement dan Instagram Ads?

Menurut data Napoleon Cat yang dilansir dari Influencer101 fitur Instagram Ads dirilis pada 30 September 2015 dan berhasil meramaikan dunia periklanan sosial media di berbagai negara, terlebih di Indonesia dengan jumlah pengguna 91,01 juta pada Oktober 2021. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia, tentu menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memasarkan produk Anda dengan memanfaatkan Instagram Ads.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Endorsement atau Instagram Ads, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari strategi marketing tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan antara Endorsement dan Instagram Ads.

Kelebihan Instagram Ads

1. Berbagai Jenis Iklan

Dalam Instagram Ads, Anda bebas memilih jenis iklan apa yang akan digunakan, apakah berbentuk image ads atau video ads? untuk image ads, Anda bisa menggunakan gambar atau foto. Bisa juga dengan carousel yang menggabungkan beberapa foto atau video dalam satu postingan. Sedangkan untuk viedo ads, Anda bisa menggunakan reels.

Lalu, yang terakhir, Anda bisa menggunakan fitur Instagram stories ads yang bisa menampilkan iklan foto maupun video di fitur story.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Instagram menyatakan bahwa fitur iklannya berhasil meningkatkan awareness sebanyak 97% terhadap suatu brand. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat karena produk atau brand Anda bisa dikenal oleh banyak audience. Maka dari itu, ciptakanlah produk yang original, unik, dan memiliki diferensiasi atau ciri khas dari produk lainnya, sehingga orang lain akan lebih mudah mengingat produk Anda.

Baca juga: Strategi Menciptakan Diferensiasi Produk Pada Sebuah Brand

3. Target Konsumen Lebih Spesifik

Membidik calon konsumen yang sesuai target market adalah tujuan dari Instagram Ads. Anda bisa mengisi identitas target konsumen seperti jenis kelamin, umur, lokasi demografi, sampai hobi. Dengan mengisi identitas tersebut, nantinya Instagram akan mengolah data tersebut dan membantu menemukan audience yang sesuai dengan karakteristik target market Anda.

4. Meningkatkan Engagement

Engagement sangat penting bagi akun Instagram Anda, tidak hanya fokus meningkatkan followers, Anda juga harus meningkatkan engagement dengan audience. Instagram memberikan fitur like, comment, share, save agar meningkatkan engagement bagi penggunanya. Semakin banyak engagement yang terbentuk, maka semakin baik juga citra produk atau brand Anda dimata customer.

5. Meningkatkan Penjualan

Apabila iklan Anda sudah dilihat oleh target market sesuai karakteristik yang diinginkan, maka potensi untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar. Maka dari itu, buatlah konten yang menarik agar bisa menggaet pelanggan baru melalui Instagram Ads.

6. Bantu Tingkatkan Traffic Website

Instagram melengkapi Instagram ads dengan fitur button call to action, seperti “Shop Now” yang akan muncul di halaman akun Instagram Anda. Maka dari itu, ketika Anda mendaftar Instagram Ads, isilah link yang nantinya akan diarahkan ke website Anda, sehingga traffic website Anda naik secara otomatis.

7. Visibilitas Tinggi

Salah satu keunggulan Instagram adalah memiliki visibilitas yang tinggi, sehingga produk bisa dengan mudah ditemukan. Salah satu fitur yang membantu adalah dengan menggunakan hastag yang memudahkan produsen maupun konsumen untuk mencari produk dengan cara menuliskan tanda pagar.

Biasanya konsumen mencari produk di explore, sehingga Anda juga harus memaksimalkan SEO di Instagram dengan memasukkan keyword di nama akun dan bio instagram Anda. Hal tersebut bermanfaat agar akun Anda bisa muncul di daftar teratas.

Itulah beberapa kelebihan dari Instagram Ads, meskipun banyak kelebihannya, ada beberapa poin kelemahan yang dimiliki oleh Instagram Ads, di antaranya Anda harus rajin posting, rawan spamming, dan kurang praktis untuk jual-beli.

Kelebihan Endorsement 

Cara lain untuk beriklan di Instagram adalah bekerja sama dengan para influencer. Endorsement adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa Anda dengan menggunakan jasa public figure untuk mengenalkan dan memasarkan produk Anda ke publik. Berikut ini beberapa kelebihan endorsement yang dirangkum dari Influencer101:

1. Jenis Endorse Bervariasi

Dari segi bentuk layanan iklannya, Instagram Ads dan Endorsement tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Foto dan video endorse di Instagram memuat info produk secara singkat, sedangkan story dan live bisa menjelaskan produk secara lebih detail.

Untuk tarif endorse sendiri tentunya beragam, tergantung jenis postingan mana yang akan dipilih. Biasanya, postingan di feed akan lebih tinggi harganya dibandingkan dengan postingan story yang akan terhapus selama 24 jam.

2. Tingkatkan Penjualan dengan Cepat

Public figure atau influencer memiliki pengikut yang loyal terhadap mereka. Biasanya influencer atau public figure tersebut berpengaruh terhadap keputusan followers nya untuk membeli suatu produk. Dengan demikian, apabila Anda menggunakan endorsement, tentu berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

3. Banyak Alternatif Selebgram atau Influencer

Selebgram atau influencer memiliki followers ratusan ribu hingga jutaan pengikut. Banyak alternatif pilihan selebgram dan influencer untuk mempromosikan produk atau brand Anda. Pilihlah selebgram atau influencer yang mempunyai karakter sesuai dengan produk Anda.

Poin inilah yang menjadi pembeda antara Instagram Ads dan Endorsement, di mana Anda bisa bebas memilih untuk melakukan promosi dengan menggunakan bantuan selebgram atau influencer.

4. Engagement Lebih Baik

Interaksi antara selebgram atau influencer dengan followers mempunyai peranan penting dan akan berpengaruh terhadap rate card dari artis tersebut. Rate card merupakan patokan harga yang telah ditetapkan seorang influencer untuk sekali endorse.

Semakin bagus interaksi influencer dengan followers nya, maka akan semakin tinggi pula tarif yang dipasang oleh seorang influencer untuk satu kali endorse. Dengan demikian, yang hal paling penting dalam melakukan endorsement adalah perhatikan interaksi influencer dengan followers nya, apakah tinggi atau rendah?

5. Konsumen Lebih Mudah Pahami Produk

Apabila endorsement yang digunakan dalam bentuk video, biasanya influencer atau selebgram akan menjelaskan produk secara jelas, baik hard selling maupun soft selling. Terlebih apabila melalui IG TV atau IG Live yang bisa terjadi komunikasi dua arah dengan adanya pertanyaan dari followers melalui kolom komentar. Berbeda dengan Instagram Ads yang tidak bisa melakukan komunikasi dua arah.

Seperti halnya Instagram Ads, endorsement juga mempunyai beberapa kekurangan, seperti biayanya yang tidak menentu, tidak bisa memilih target konsumen, harga relatif mahal, dan harus pintar memilih influencer yang cocok sesuai dengan brand value bisnis Anda.

Itulah beberapa poin mengenai kelebihan dan kekurangan antara Instagram Ads dan Endorsement. Apabila Anda ingin mengetahui lebih mendalam mengenai social media marketing, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan konsultan branding dan marketing, atau digital marketing agency yang bisa menjadikan bisnis Anda lebih baik dan berkembang.