Cara Efektif Menyusun Strategi Social Media Marketing, Semakin meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia, maka pemasaran melalui digital pun akan semakin bertumbuh. Agar bisnis Anda berkembang, maka diperlukan untuk menyusun strategi pemasaran online yang akan digunakan untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan feedback dari produk yang sudah dijual, menganalisa kompetitor, dan bisa mendatangkan traffic.Melansir dari Hostinger, Social media marketing adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan melalui platform media sosial atau jejaring sosial. Strategi promosi melalui sosial media bisa menggunakan konten berupa artikel, foto ataupun video.Sedangkan menurut Neil Patel yang dilansir dari Glints, social media marketing adalah proses menarik perhatian orang agar terikat (engaged) dengan konten yang disajikan. Jika sudah terikat, kemungkinan konten itu akan dibagikan tentu jadi lebih besar.

Lalu, bagaimana cara menyusun strategi social media marketing yang baik? Menurut HubSpot melalui Glints, berikut ini ada lima hal yang bisa Anda coba terapkan dalam bisnis yang sedang dijalankan, yaitu:

5 Cara Efektif Menyusun Strategi Social Media Marketing

 

1. Riset Persona Pembeli

Langkah awal adalah menentukan siapa persona pembeli Anda. Dengan demikian, Anda bisa memahami siapa saja kelompok yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Lakukan riset mengapa mereka layak menjadi pembeli? Ketahui juga usia hingga pekerjaannya.

Dengan melakukan riset persona pembeli, secara tidak langsung Anda bisa menentukan konten dan platform apa yang akan kamu gunakan untuk menarik perhatian mereka. Anda juga harus mengetahui bahwa setiap konten dan platform memiliki karakter pengguna yang berbeda pula.

2. Tentukan Media Sosial yang Akan Digunakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karakteristik pengguna konten dan platform memiliki perbedaan. Pastikan platform mana yang akan Anda gunakan. Dalam menentukan platform, sebagian besar bisa mendapat pengaruh dari siapa persona pembeli produk atau layanan Anda.

3. Buat Konten yang Unik dan Menarik

Semakin berkembangnya media sosial saat ini, tentu menjadikan semakin besar pula persaingan dalam berbisnis. Maka dari itu, agar produk dan layanan Anda tidak kalah saing dengan kompetitor, buatlah konten kreatif yang bisa menarik perhatian orang lain.

Agar tidak bosan dengan produk yang kita jual, Anda juga bisa membuat konten edukatif dan informatif. Atau bisa juga membuat giveaway untuk menarik engangement.

4. Atur Jadwal untuk Setiap Unggahan

Masing-masing platform media sosial mempunyai algoritmanya masing-masing. Anda bisa mempelajarinya, di jam berapakah waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar bisa mendapatkan banyak pengunjung atau viewers

5. Analisis Hasil dari Setiap Unggahan

Setelah melakukan keempat poin di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis. Hal tersebut sangat penting karena dengan begitu Anda bisa mengukur dan mengevaluasi atas apa yang sudah dilakukan.

Salah satu cara untuk melakukan analisis adalah dengan menggunakan social media metrics. Di sana Anda bisa melihat insight dari setiap unggahan dan bisa mengetahui reach, impresi, dan interaks dengan followers.

Itulah lima langkah yang bisa Anda coba untuk menyusun strategi social media marketing untuk bisnis Anda.

Baca Juga ;

Cara Mengoptimalkan Consumer Insight