Penjelasan Singkat Branding

Beda Branding dan marketing – Pengertian mudahnya, apa itu branding bisa dilihat dari suatu nama, logo, dan slogan suatu perusahaan yang melekat di benak konsumen. Bisa dikatakan bahwa branding cenderung untuk selalu menarik konsumen agar kembali lagi ke suatu produk yang dipasarkan perusahaan. Umumnya, branding dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum terlalu dikenal masyarakat.

Tujuannya bukan lain adalah untuk mengenalkan produk perusahaan dan mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Jika perusahaan memiliki suatu brand yang bagus, maka perusahaan tersebut akan mudah untuk melakukan penjualan produk. Jadi, perusahaan bisa mendapatkan banyak keunggulan. Salah satunya adalah mendapat banyak pendapatan.

Penjelasan Singkat Marketing

Sebelum mengetahui perbedaan marketing dan branding, sebaiknya kenali dulu apa itu marketing. Marketing berasal dari kata market dengan arti pasar. Marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran untuk membentuk hubungan perusahaan dan konsumen. Membentuk hubungan perusahaan dan konsumen dapat dilakukan melalui iklan, menjual produk, atau menciptakan produk sesuai dengan keinginan pasar.

Marketing jelas berbeda dengan branding. Branding lebih kepada aktivitas untuk mengenalkan brand suatu produk. Namun marketing berfokus untuk melakukan penjualan suatu produk perusahaan. Bisa dibilang bahwa tujuan utama marketing adalah untuk meningkatkan nilai penjualan suatu produk.