Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, Anda bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam, entah dalam penciptaan nama produk, warna yang khas, logo yang unik, serta yang penting adalah menjaga kualitas dan layanan yang selalu sama. Semakin kuat image yang Anda ciptakan, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek yang Anda usung. Malah kalau loyalitas mereka meningkat, mereka bisa jadi “corong” promosi bagi produk Anda tanpa perlu Anda minta.
Fakta tersebut memberi kesimpulan bahwa brand awareness bisa membuat sebuah produk yang ditawarkan perusahaan melejit di pasaran. Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik usaha:
1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek
Masyarakat akan menyadari kehadiran sebuah brand apabila brand tersebut bisa menanamkan hal unik yang bisa konsumen ingat dengan baik. Dalam hal ini, bisa melalui penggunaan logo, nama, simbol, dan sebagainya. Setelahnya, coba buat iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda. Semakin konsumen mengingat merek Anda, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek Anda. Malah efek positifnya, konsumen pergi ke mana pun akan lebih memilih merek Anda dibandingkan merek kompetitor.
2. Bisa Digunakan untuk Menarik Pelanggan Baru
Jika sebuah branding mampu meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, bisa jadi akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Apalagi kalau produk dengan merek Anda tadi memang memiliki kualitas yang bagus dan bisa memenuhi apa yang diinginkan konsumen. Ingat hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu konsumen yang puas akan merek produk Anda akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku hingga zaman sekarang.