Sistem pemasaran digital atau yang lebih dikenal dengan digital marketing sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Sejak beberapa tahun belakangan ini, digital marketing menjadi pilihan banyak pebisnis dalam memasarkan produk mereka.

Pasar yang bisa dijangkau akan menjadi lebih luas, bahkan peningkatan laba juga bisa didapatkan lebih signifikan. Namun sebagaimana sistem pemasaran konvensional, digital marketing ini juga harus dilakukan dengan cara yang tepat sejak awal.

Meski sudah terbilang populer, digital marketing juga kerap tidak berhasil dengan maksimal. Konsep pemasaran modern ini memang terbilang unik dan harus dijalankan sesuai dengan pasar produk yang dituju.

Dalam beberapa kasus, digital marketing bahkan bisa saja gagal total. Pastikan Anda memahami penerapan digital marketing yang tepat, sehingga pemasaran bisnis Anda bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Simak beberapa kesalahan digital marketing berikut ini, yang wajib Anda hindari ketika menerapkan sistem pemasaran digital marketing seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Menggunakan strategi yang salah

Setiap produk tentu akan memiliki karakter dan juga pasar tersendiri. Pemilihan pasar yang tepat akan sangat menentukan kesuksesan sebuah produk, termasuk penerapan strategi pemasarannya. Kondisi pasar ini bisa saja berubah-ubah seiring dengan berlalunya waktu.

Jika Anda menggunakan strategi pemasaran yang tidak tepat dan sesuai dengan pasar yang Anda tuju, maka aktifitas pemasaran digital tersebut tidak akan berjalan dengan sukses.

Strategi yang salah seperti ini akan membuat pemasaran Anda tidak tepat sasaran dan tidak akan mendatangkan angka penjualan yang maksimal.

 

2. Tidak memahami kebutuhan konsumen

Produk yang sukses tentu harus memiliki pasar yang tepat, di mana produk tersebut dibutuhkan oleh konsumen. Pemahaman Anda akan kebutuhan konsumen akan sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda, terlepas dari metode apapun yang akan Anda pilih untuk memasarkannya.

Namun jika sejak awal Anda tidak memahami kebutuhan konsumen dan produk yang Anda hasilkan juga tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut, maka bisnis tentu tidak akan berjalan lancar. Pemasaran digital yang Anda terapkan tidak akan berhasil dengan baik, meskipun Anda sudah menerapkannya dengan cara yang tepat.