Saat ini, kemunculan iklan saat menonton video secara online adalah suatu hal yang lumrah. Hal tersebut merupakan strategi Over the Top Advertising (OTT). Tren saat ini, untuk menonton film, variety show, dan berbagai acara lainnya, sebagian besar masyarakat sudah berpindah haluan ke Netflix, Viu, Hulu, dan situs streaming video lainnya. Sedangkan televisi mulai perlahan ditinggalkan.

Menurut Tinuiti yang dilansir dari Glints, sebanyak 80% traffic di internet saat ini berasal dari situs streaming video. Perubahan kebiasaan tersebut harus segera diantisipasi oleh para pengiklan agar bisa beradaptasi dan menampilkan iklan melalui layanan video streaming, dengan tujuan bisa mencapai target audiens yang diinginkan.

Smarty Ads menuturkan bahwa Over the Top Advertising merupakan iklan yang khusus ditampilkan bagi setiap individu melalui situs streaming video pilihannya. Sedangkan iklan TV konvensional menyajikan iklan untuk semua orang pada waktu yang bersamaan.

Baca juga: Strategi Bisnis Kopi Kekinian Agar Laris Manis 

Berbeda dengan iklan di TV konvensional, strategi Over the Top Advertising bisa menyesuaikan iklan dengan profil penontonnya. Informasi mengenai profil penonton bisa terlacak dari aktivitas seseorang selama berselancar di internet. Sistem OTT ini bisa melacak statistik penonton, contohnya seperti berapa jumlah orang yang melakukan skip ketika iklan muncul, mengklik call to action, dan yang lainnya.

Strategi OTT dianggap lebih efektif dan lebih baik karena iklan yang ditayangkan mengincar secara personal. Bahkan, iklan OTT diperkirakan dapat meningkatkan keuntungan sekitar 45%-60%.

Berikut ini beberapa keunggulan Over the Top Advertising:

1. Audience Targeting

Strategi Baru Beriklan di Era Digital dengan Over the Top Advertising

Return yang dihasilkan OTT advertising sangat besar karena tidak sembarang ditampilkan. Iklan yang dilihat akan diarahkan berdasarkan ketertarikan seseorang, sehingga meningkatkan efektivitas penayangan iklan tersebut.

2. Bisa Ditampilkan di Berbagai Perangkat

Strategi Baru Beriklan di Era Digital dengan Over the Top Advertising

Berbeda dengan iklan konvensional di TV yang mengandalkan satu perangkat saja, beriklan dengan menggunakan OTT dapat meningkatkan kemampuan marketer untuk menjangkau lebih banyak orang melalui berbagai perangkat, seperti laptop, smartphone, smart TV, ataupun tablet.

3. Mudah Diukur dan Dilacak

Strategi Baru Beriklan di Era Digital dengan Over the Top Advertising

Di era digital seperti saat ini, sangat mudah untuk melacak perilaku dan kebiasaan para konsumen atau penonton dengan angka dan ukuran yang jelas. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mengetahui apakah iklan yang ditampilkan apakah sudah baik dan efektif? atau sebaliknya.

Baca juga: Cara Menggaet Konsumen High End untuk Bisnis Anda 

Meskipun terkadang sulit untuk mendapatkan statistik secara real-time, dengan beriklan OTT, Anda bisa langsung mengambil keputusan mengenai perbaikan atau peningkatan iklan Anda agar bisa lebih maksimal dan memuaskan.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Over the Top Advertising dan beberapa keunggulannya. Sebagai konsultan branding dan marketing, kami siap membantu Anda untuk bisa menerapkan strategi iklan Over the Top di bisnis Anda.