Memiliki pelanggan yang loyal adalah salah satu keinginan para pemilik bisnis di bidang apapun. Pelanggan dengan kategori high-end adalah salah satu yang mempunyai karakteristik loyal terhadap brand yang digunakannya. Bahkan, mereka berani membayar lebih mahal demi mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.
Pelanggan kategori high-end ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan kategori lainnya. Nah, bagi Anda yang baru akan memulai ataupun yang sedang menyasar target pelanggan high-end consumer, melansir dari Glints, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda diterapkan, di antaranya:
1. Memahami Pelanggan
Anda harus mendapatkan informasi mengenai pelanggan dan targetnya, lalu lakukanlah riset pasar. Bangun persona pelanggan sedetail mungkin. Karakteristik yang melekat pada konsumen high-end ini mempunyai gaya hidup, kebiasaan, kebutuhan, dan selera yang sangat berbeda dengan jenis konsumen lainnya.
Meskipun prosesnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, akan tetapi apabila Anda mendapatkan informasi yang akurat, Anda bisa memetakan strategi yang kuat dan menyeluruh.
Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Generasi ZÂ
2. Memberikan Layanan yang Ekslusif dan Mewah
Konsumen high-end mempunyai keinginan untuk mendapatkan treatment yang spesial. Maka dari itu, Anda harus memberikan pengalaman yang ekslusif dan bisa memuaskannya. Di setiap prosesnya, tunjukkan apresiasi Anda untuk mereka. Meskipun belum memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa Anda, berikanlah respon dan layanan yang terbaik dan semaksimal mungkin.
Ketika Anda berhasil meyakinkan mereka untuk menjadi pelanggan Anda, maka jangan ragu untuk mengirimkan bingkisan spesial sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih.
3. Membangun Kredibilitas dan Reputasi
Menurut Entrepreneur yang dilansir dari Glints, konsumen high-end hanya mau mempertimbangkan brand yang menjadi leader di bidangnya, bukan brand yang sekedar pengikut saja. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membangun brand yang mempunyai kredibilitas dan reputasi yang baik, sehingga bisa menggaet konsumen high-end.
4. Menjaga Kepercayaan dan Kerahasiaan
Menjaga kepercayaan dan kerahasiaan pelanggan high-end sangat mahal, karena setiap aktivitas yang dilakukan mereka akan menjadi perhatian banyak pihak. Jangan memberikan informasi mengenai siapa saja yang sudah membeli produk atau jasa Anda. Itu adalah privasi pelanggan yang sudah membeli.
5. Menyesuaikan Nilai dan Harga yang Ditawarkan
Bagi konsumen high-end, harga murah dinilai mempunyai kualitas yang buruk. Mereka tidak masalah dengan harga, sekalipun itu mahal. Maka dari itu, apabila menawarkan produk atau jasa dengan jaminan kualitas terbaik, pasanglah harga yang sesuai. Pastikan juga Anda mempunyai data harga kompetitor, agar harga yang ditawarkan kompetitif.
Baca juga: Cara Membangun Branding Produk yang Melekat di Benak PelangganÂ
6. Waktu adalah Uang
Jadwal aktivitas konsumen high-end cenderung padat dan sering berpergian, maka tidak heran apabila mereka mempunyai prinsip bahwa waktu adalah uang. Maka dari itu, apabila akan menghubunginya, usahakan langsung to the point.
Apabila akan membuat janji, maka usahakan cari waktu sepagi mungkin, karena semakin siang mereka akan sulit untuk meluangkan waktunya karena sudah memiliki agenda yang padat.
Itulah beberapa tips untuk mendapatkan konsumen high-end. Sebagai konsultan branding dan marketing, kami siap membantu Anda untuk mengembangkan bisnis yang akan dan sedang Anda jalankan.