Saat ini, kedai kopi sudah menjamur di mana-mana, hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup generasi milenial maupun gen Z yang menjadikan kopi sebagai salah satu minuman wajib ketika nongkrong bersama teman-temannya.
Menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, jumlah konsumsi kopi nasional pada 2016 mencapai sekitar 250 ribu ton. Pada periode 2016-2021, diprediksi konsumsi kopi Indonesia akan tumbuh rata-rata 8,22% per tahun. Di samping itu, pasokan kopi diprediksi mencapai 795 ribu ton, dengan konsumsi 370 ribu ton, sehingga terjadi surplus 425 ton.
Dengan melihat data di atas, konsumsi kopi di Indonesia akan terus meningkat. Hal tersebut tentu bisa dijadikan sebuah peluang bagi Anda untuk berbisnis kopi. Namun, sebelum merintis bisnis tersebut, Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana strategi bisnis kopi agar laris manis di pasaran.
Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Generasi ZÂ
Merancang strategi bisnis kopi tidak jauh berbeda dengan membuat strategi bisnis di bidang lainnya. Melansir dari Gobiz, berikut ini 5 strategi bisnis Kopi Kenangan yang sudah membuka 600 lebih cabang yang tersebar di seluruh Indonesia (per Februari 2022).
1. Nama yang Kekinian
Pemilihan nama yang simpel dan kekinian adalah salah satu strategi Kopi Kenangan untuk mengenalkan brand nya kepada masyarakat. Pemilik Kopi Kenangan, Edward Tirtanata memilih penggunaan bahasa Indonesia yang memorable dibandingkan dengan penggunaan bahasa asing yang seolah-olah terlihat ‘keren’ namun sulit diingat oleh masyarakat.
Di samping kekinian dan unik, pemilihan kata “Kenangan” menimbulkan kedekatan bagi masyarakat, sehingga menjadikan konsumen tidak ragu untuk mencobanya. Dengan demikian, pemilihan nama produk sangat berpengaruh pada proses branding.
Baca juga: Cara Membangun Branding Produk yang Melekat di Benak PelangganÂ
2. Menggunakan Teknologi
Kecanggihan dan kemajuan teknologi saat ini dimanfaatkan baik oleh Kopi Kenangan dalam mengembangkan jaringan bisnisnya. Salah satunya dengan mendaftarkan bisnisnya di aplikasi online delivery yang bertujuan untuk menjangkau area usaha yang lebih luas.
Tidak hanya itu, Kopi Kenangan juga mempunyai aplikasi tersendiri bagi pelanggannya. Dengan aplikasi tersebut, konsumen ditawarkan beberapa promo menarik sekaligus bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai produk.
3. Menjaga Kualitas Produk
Melalui Kenangan Academy, Kopi Kenangan memberikan fasilitas training bagi para barista sebelum langsung meracik kopi di gerainya. Academy yang hadir sejak 2020 tersebut juga memberikan pelatihan mengenai sistem pembayaran, operasional gerai, hingga customer service.
Selain itu, untuk menjaga kualitas kopinya, Kopi Kenangan juga mempunyai mesin modern untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.
4. Inovasi
Inovasi adalah kunci dari keberhasilan berbisnis. Dengan berinovasi sesuai perkembangan zaman, sebuah bisnis akan bisa tetap bertahan. Begitupun dengan Kopi Kenangan yang terus-menerus melakukan inovasi untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Saat ini Kopi Kenangan tidak hanya menawarkan minuman, tetapi juga memperluasnya dengan produk makanan.
Tahun 2020, melalui Kenangan Group, Kopi Kenangan meluncurkan Cerita Roti yang merupakan sebagai camilan pendamping kopi. Di tahun 2021, Kenangan Group kembali berinovasi dengan meluncurkan produk makanan baru dengan nama Chigo. Hingga saat ini, Kopi Kenangan sudah mempunyai produk kopi dalam kemasan botol.
5. Memasang Harga dengan Mementingkan Konsumen
Kopi Kenangan membidik kalangan menengah sebagai target utamanya. Kopi Kenangan juga menerapkan produksi untuk mass market, dengan demikian harga produk disesuaikan dengan standar yang berlaku bagi masyarakat luas, bukan hanya untuk golongan tertentu saja.
Penetapan harga yang mementingkan keinginaan konsumen juga diterapkan pada cabang bisnis lainnya, yaitu Cerita Roti, Chigo, dan bisnis baru lainnya.
Itulah beberapa strategi yang dirancang oleh Edward Tirtanata untuk diterapkan dalam bisnisnya, Kopi Kenangan. Dengan rancangan bisnis yang disusun oleh Edward bersama timnya tersebut, tentu bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang akan membuka usaha kedai kopi.
Dengan menjamurnya kafe dan kedai kopi saat ini menandakan bahwa bisnis di industri kopi pada tahun 2022 masih menjanjikan, dengan syarat harus mempunyai inovasi dan diferensiasi dari kompetitor.
Apabila Anda masih kesulitan untuk merancang strategi bisnis, Anda bisa menghubungi kami untuk berkonsultasi mengenai strategi bisnis marketing, dan strategi branding. Selain itu, kami juga membuka jasa pembuatan website dan jasa digital marketing yang akan membantu proses bisnis Anda menjadi lebih mudah sesuai dengan sasaran target market bisnis Anda.