Pernahkah Anda mengamati atau melihat dua toko dengan produk dan kualitas yang sama tetapi harga dan grafik kunjungan pembelinya berbeda? Yang satu ramai dikunjungi, sedangkan yang satu lagi sepi dari pembeli. Banyak faktor yang mempengaruhinya, tapi hal yang paling mendasar adalah ada pada branding, berikut adalah 7 Strategi Branding yang Patut Dicoba

7 Strategi Branding

Branding memiliki peran yang sangat penting pada sebuah bisnis atau perusahaan. Menurut Philip Kotler, pengertian branding adalah sebagai berikut A brand is a name, term, sign, symbol, or design or a combination of them, intended to identify the goods and services of one seller or group of sellers and to differentiate them from those of the competitor.”

Brand hadir sebagai identitas produk atau bisnis yang berfungsi untuk membedakan produk yang kita produksi dengan produk sejenis yang diproduksi oleh kompetitor. Oleh karena itu, branding sangat penting bagi sebuah perusahaan yang ingin lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Dilansir dari foodizz.id, ada beberapa strategi branding yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bisnis, terutama di bidang kuliner, di antaranya:

  1. Logo yang Sesuai

Dengan logo yang sesuai kita bisa meletakkan di setiap produk hingga marketing material yang sudah kita siapkan.

  1. Pesan dari Brand Anda

Pastikan pesan yang ingin disampaikan bisa tersampaikan melalui branding. Bisa dengan tagline yang terdiri dari kalimat singkat untuk menyampaikan pesan tersebut.

  1. Integrasikan Brand Anda

Informasi brand Anda akan tersebar jika kita meletakkan branding di setiap aspek kegiatan bisnis yang dilakukan. Seperti menambahkan logo dan desain yang menarik pada produknya. Atau bisa menambahkan logo pada desain booth, hingga memasang logo pada salah satu desain banner ads yang ada di website.

Baca Juga Pergeseran Perilaku Konsumen Saat Pandemi

 

  1. Pesan yang Sesuai untuk Merefleksikan Brand Anda

Pastikan Anda harus bisa menyesuaikan gaya komunikasi brand yang Anda miliki. Apakah terkesan friendly atau profesional? Dengan demikian, maka pesan dapat diturunkan sesuai dengan kebutuhan dan media komunikasinya.

  1. Ciptakan Standar Brand untuk Kebutuhan Marketing

Tentukan standar untuk semua kebutuhan marketing Anda. Banyak brand besar yang menciptakan template untuk setiap kebutuhan marketingnya.

  1. Jadilah Brand yang Jujur

Integritas adalah hal utama yang harus dimiliki setiap brand karena jika produk yang diberikan tidak sesuai dengan branding yang dibuat, maka kemungkinan besar tidak akan ada satupun pelanggan yang akan kembali.

  1. Konsisten

Dan yang terakhir adalah konsisten. Kita harus menjalankan segala aspek bisnis sesuai dengan strategi branding yang sudah dibuat, sehingga tidak menimbulkan kebingungan target market dan customer Anda.