Tren Konten YouTube Tahun 2022, Dengan menyajikan konten video yang kreatif dan menarik bagi para penonton, YouTube adalah salah satu media terbaik untuk menggaet audiens. Riset Statista menyatakan bahwa YouTube diprediksi akan menggaet 2,24 miliar pengguna hingga tahun 2025. Melihat semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan YouTube, bagi Anda para content creator ataupun marketer tentu harus mengetahui tren YouTube apa saja yang akan booming di tahun 2022. Melansir dari Sabaseo, berikut ini ada beberapa tren YouTube yang diprediksi akan booming di tahun ini, yaitu:

1. Video Tutorial

Meskipun video how-to tutorials bukanlah hal yang baru, namun di tahun 2022 jenis video tersebut masih banyak peminatnya. Jenis video tutorial tentu sangat beragam, mulai dari bagaimana cara menggunakan make up, memasak resep makanan, install software, dan yang lainnya.

Jenis video tutorial ini juga cukup efektif untuk mendapatkan followers atau subscribers baru, karena YouTube adalah media yang paling digemari bagi seseorang yang ingin belajar bagaimana melakukan sesuatu yang baru.

2. Video Rutinitas

Bagi sebagian orang mungkin kegiatan sehari-hari yang dipublikasikan di media sosial dianggap sebagai privacy. Namun saat ini, banyak sekali content creator yang menyajikan video bagaimana ia melakukan rutinitas sehari-harinya, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Para viewers tertarik dengan konten seperti itu untuk mempelajari bagaimana orang sukses memulai paginya dengan kegiatan seperti apa? apakah berolahraga? minum smoothies yang sehat? atau hanya sekedar jogging di pagi hari? Hal tersebut bisa memberikan inspirasi bagi para viewers.

3. Live Streaming

Salah satu jenis tren YouTube di 2022 adalah live streaming. Menurut laporan Streaming Media, live streaming tumbuh sekitar 93% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, rata-rata waktu menonton sekitar 26,4 menit per sesi.

Live streaming memberikan manfaat bagi content creator untuk membangun hubungan langsung dengan audiens nya, sehingga ada interaksi yang bisa meningkatkan engangement.

4. YouTube Ads

YouTube adalah salah satu mesin pencari terbesar kedua setelah Google, maka dari itu sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan karena dilihat oleh banyak orang.

5. YouTube Shorts

Shorts memiliki feed sendiri yang mempunyai algoritma dengan video dari creator favorit audiens. Saat ini, popularitas video yang berdurasi singkat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain lebih mudah dibuat, video shorts ini juga bisa mendatangkan jumlah views yang tinggi.

Itulah kumpulan tren YouTube yang diprediksi akan booming di tahun 2022 ini. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk bisa meningkatkan kualitas video marketing Anda melalui YouTube.

Foto: Freepik