Apakah jumlah pengunjung website Anda belum mencapai angka yang ditargetkan sehingga tidak meningkatkan penjualan terhadap bisnis Anda? Bisa jadi landing page yang Anda buat belum terlalu bagus dan menarik perhatian pengunjung.

Menurut Unbounce melalui Accurate, landing page adalah halaman website yang dibuat secara khusus untuk keperluan suatu program marketing campaign atau iklan. Biasanya para pengunjung akan mengklik suatu link dari email, iklan, media sosial, atau sumber lainnya. Kemudian, halaman yang telah di klik itulah yang disebut dengan landing page.

Memiliki landing page yang bagus akan berdampak positif pada bisnis Anda, karena menurut laman Hubspot, perusahaan yang mempunyai 10-15 landing page di dalam websitenya mampu meningkatkan leads hingga 55%. Sementara itu, perusahaan yang memiliki lebih dari 40 landing page mampu meningkatkan leads nya sampai 120%.

Lalu, bagaimana cara membuat landing page agar bisa mengumpulkan data pengunjung potensial sehingga bisa juga menghasilkan transaksi menjadi lebih cepat? Melansir dari Moosend, melalui Glints, berikut beberapa langkah untuk membuat landing page, yaitu:

1. Definisikan Target Audience

Target audience atau tipe konsumen ini harus disesuaikan dengan produk yang akan Anda tawarkan, karena landing page ditujukan bagi tipe konsumen spesifik. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset atau mengetahui orang seperti apa yang akan Anda targetkan.

2. Tetapkan Tujuan

Idealnya, hanya ada satu tujuan yang terfokus dalam landing page yang akan Anda buat. Misalnya, landing page ditujukan agar pengunjung bisa meninggalkan informasi kontak, sign up, mengisi form, registrasi, klik download, dll. Memberikan pilihan yang sedikit atau minimal adalah salah satu cara agar memastikan pengunjung tidak terdistraksi dengan hal yang lainnya sehingga mendapatkan konversi yang diinginkan. Dengan demikian, landing page Anda akan lebih efektif mengonversi pengunjung.

3. Isi Landing Page

Langkah selanjutnya adalah mengisi halaman tersebut dengan konten yang menarik dan menggunakan berbagai keyword yang relevan dan banyak dicari oleh target audience Anda. Lalu, gunakanlah headline yang menarik di bagian awal atau bagian atas. Hal tersebut berfungsi untuk membuat pengunjung ingin terus melanjutkan scrolling ke bawah website Anda.

4. Konten Visual

Menambahkan konten visual yang mendukung bisa menjadi nilai tambahan karena bisa mempengaruhi persepsi pengunjung landing page. Contohnya dengan menambahkan gambar, video, atau aspek visual lainnya yang bisa menarik perhatian. Pilihlah warna yang sesuai dengan brand Anda.

5. Gunakan CTA (Call-to-Action)

Di sebuah landing page, Call-to-Action (CTA) adalah aspek yang wajib digunakan. Cantumkan kalimat ajakan yang bisa mempengaruhi pengunjung. Kalimat persuasif tersebut juga bertujuan agar pelanggan mengetahui apa yang harus ia lakukan.

Demikianlah beberapa langkah mengenai cara membuat landing page. Apabila bisnis Anda ingin meningkatkan leads nya melalui landing page, kami Kreativa Communication sebagai konsultan digital marketing siap membantu permasalahan bisnis Anda. Kami juga menyediakan jasa pengelolaan sosial media, jasa digital marketing instagram, dan berbagai jasa marketing lainnya.