Saat ini, media sosial masih memegang peranan penting bagi para marketer untuk mempromosikan dan mengenalkan produknya kepada khalayak. Begitupun dengan Instagram. Membuat konten yang menarik adalah suatu keharusan bagi Anda yang ingin mendapatkan engagement dari pengguna Instagram.
Menurut Brandwatch, yang dilansir dari Inmarketing, engagement audiens di Instagram tercatat 10 kali lebih tinggi dari Facebook, 54 kali lebih tinggi Pinterest, dan 84 kali lebih tinggi dari Twitter. Melihat data tersebut, tentunya Instagram memiliki potensi yang lebih baik untuk meningkatkan brand awareness. Maka dari itu, agar para pengguna Instagram tertarik dengan akun Anda, maka membuat konten yang menarik adalah salah satu kewajiban yang harus Anda lakukan.
Baca juga: Cara Membangun Branding Produk yang Melekat di Benak Pelanggan
Banyak sekali jenis strategi pemasaran menggunakan Instagram. Melansir dari Inmarketing, ada beberapa strategi marketing Instagram yang bisa kita terapkan, mulai dari Instagram Ads, Instagram Business, hingga Instagram Shopping. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur reels, IG TV hingga carousel untuk mendukung kegiatan strategi marketing campaign yang bisnis Anda jalankan.
Namun dari itu semua, kunci utama Instagram sebagai platform marketing dan social media branding adalah terletak dari konten yang Anda tampilkan. Untuk mengetahui konten apa yang diinginkan audiens, Anda harus melakukan riset market, riset pasar di media sosial, dan mengetahui segmentasinya.
Nah, berikut ini ada beberapa ide konten untuk membangun engagement dengan pengguna Instagram, di antaranya:
1. Konten Pertanyaan
Ajukan beberapa pertanyaan yang mengundang audiens untuk berkomentar. Menurut Hootsuite, konten pertanyaan ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan perhatian audiens. Konten seperti ini juga bermanfaat untuk mereka membagikan wawasannya.
Sedangkan menurut Inmarketing, ide konten dengan mengajukan pertanyaan seperti ini bisa membantu Anda mendapatkan product insights dalam proses pengembangan produk dalam jangka waktu panjang.
Baca juga: Tips Menulis Konten Marketing untuk Optimalisasi SEO
2. Giveaway
Biasanya jenis konten giveaway ini sangat ditunggu-tunggu oleh audiens karena bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah secara gratis. Ide konten giveaway ini bisa meningkatkan engangement dengan sangat baik karena timbul interaksi berupa komen, like, tag, mention dan follow dalam peraturan giveaway nya. Giveaway ini adalah salah satu bentuk marketing campaign, yaitu contest marketing campaign pada sebuah brand atau produk.
3. Konten Interview dan Share IG TV
Menurut Glints, salah satu konten yang bisa menarik engagement audiens adalah melakukan interview dengan tokoh-tokoh terkemuka yang relevan dengan brand atau produk Anda.
Apabila usaha Anda bergerak di industri F&B, undanglah food blogger untuk Anda interview sekaligus me-review produk Anda. Setelah itu gunakan fitur IG TV agar interview yang sudah dilakukan bisa ditonton ulang kembali oleh audiens.
Dilansir dari Business 2 Community melalui Glints, IG TV bisa dijadikan sebagai konten yang ampuh untuk menarik perhatian audiens dengan melibatkan mereka di dalamnya.
Setidaknya, itulah tiga ide konten Instagram yang bisa meningkatkan engagement Instagram. Bergerak di industri kreatif, sudah menjadi suatu keharusan bagi marketer untuk bisa membuat content marketing yang menarik perhatian audiens. Apabila membutuhkan bantuan, Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing agency atau menghubungi konsultan branding agar bisnis Anda berkembang.