Yang Muda Yang Berwiraswasta

 

Ketika ijazah kuliah telah di tangan, ketika itu pula dunia  seakan menjadi belantara yang bisa menyesatkan siapa saja. Persaingan hidup yang sesungguhnya pun dimulai. Pilihan berwiraswasta di usia muda sesungguhnya bisa menjadi pilihan agar tidak ada ketergantungan pada selembar ijazah.

Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha di usia muda? Nah berikut ini beberapa usaha yang bisa dijalankan bahkan ketika masih belajar di bangku kuliah.

1. Travel Agen

“Jangan berdiam di rumah aja, Indonesia itu keren!” Akhir- akhir ini kalimat semacam itu seringkali berseliweran di timeline sosial media kita. Dan buat Anda yang mempunyai hobi jalan-jalan, sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Anda bisa memanfaatkan jaringan atau link yang Anda kenal di sekitar lokasi tujuan wisata sebagai penyedia segalaakomodasi selama perjalanan. Anda pun bisa mengajak teman-teman untuk melakukan perjalanan dan membuat ititenarary dengan bujet seefisien mungkin. Keuntungan dari travel agen ini adalah Anda bisa melakukan trip gratis dan tentu saja uang.

2. Fotografi
Anda suka memotret? Manfaatkan bakat yang Anda miliki tersebut untuk sebuah bisnis yang menguntungkan. Jika Anda masih mahasiswa tentu Anda bisa menawarkan sesi pemotretan saat wisuda atau juga acara-acara yang banyak diadakan oleh kampus. Untuk kemudian Anda bisa membuat studio foto profesionaldemi masa depan Anda.

3. Bisnis Online
Bisnis model begini sebenarnya paling mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Lakukan bisnis sesuai dengan kesukaan Anda, maka Anda pun akan bisa menikmatinya. Misalnya Anda suka buku, tentu Anda tahu di komunitas mana harus memasarkan barang dagangan Anda. Pun ketika Anda suka fashion, suka makan atau apapun hobi Anda, cari komunitas sehingga Anda bisa menjadi suplier barang yang mereka cari atau butuhkan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *