Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Facebook

Ada banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini seolah tak pernah lekang oleh waktu. Kalimat sebagai simbol agar kita jangan mudah menyerah ini senantiasa berlaku bagi siapa saja untuk meraih sukses dalam hidup.

Pun dalam dunia usaha, banyak cara dan jalan untuk bisa mengembangkannya. Salah satunya adalah berbisnis lewat jejaring sosial, yang sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis online.

Namun demikian, ternyata tidak semua orang bisa memanfaatkan jejaring sosial ini dengan baik agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Dari sekian banyak media sosial untuk melancarkan aksi bisnis, Facebook menjadi salah satu yang paling popular.

Selain mudah penggunaannya, berbisnis lewat laman Facebook juga tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun harus diakui, jumlah persaingan yang tinggi membuat pebisnis di Facebook mengalami hambatan untuk mengembangkan usahanya.

Nah, perlu disadari, kendati persaingan cukup ketat, ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan agar bisnis online lewat Facebook Anda sukses. Apa saja? Simak ulasan berikut:

1. Buatlah Fans Page Online

Meningkatnya jumlah pemasaran secara online membuat maraknya tawaran jasa pembuatan fanpage online. Penyediaan layanan ini bertujuan untuk membantu para pebisnis online untuk memperkenalkan bisnisnya kepada khalayak umum. Sehingga penjualan juga meningkat secara otomatis.

Adanya layanan fanpage juga memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual secara detail. Informasi itu mulai dari harga, ukuran, dan bentuk riil dari produk tersebut.

Dengan berbagai informasi yang lengkap itu, maka calon pembeli dapat mempertimbangkan produk yang akan dibelinya dengan matang dan bisa menghindari rasa menyesal di kemudian hari karena barang tersebut memang benar-benar dibutuhkan.

2. Rajin dan Rutinlah Mempromosikan Konten

Konten yang dimaksud di sini adalah fans page online yang telah Anda buat. Promosi konten bertujuan untuk mendapatkan “like” sebanyak-banyaknya dari para pengguna Facebook. Sehingga popularitas merek (brand) dari produk yang Anda juga semakin meningkat.

Setidaknya ada 2 jenis promosi yang dapat Anda lakukan. Pertama, metode internal yang luas jangkaunya hanya untuk pengguna di aplikasi dan situs Facebook saja. Kedua, metode eksternal yang jangkauan promosinya lebih luas.

Pada metode eksternal, konten yang dibagikan tidak hanya di Facebook saja, tapi juga di media sosial lain, seperti Instagram (IG), Twitter, dan blog pribadi. Caranya? Hanya dengan menghubungkan link fans page bisnis Anda dengan link media sosial lainnya.

3. Gunakanlah Foto-Foto yang Berkualitas

Jelas, foto-foto produk yang Anda bagikan sangatlah memengaruhi tingkat penjualan nantinya. Sebelum mengunggah (upload) foto, perhatikan apakah kualitas foto tersebut sudah sesuai dengan standar atau tidak. Gunakan kamera yang bagus saat pengambilan gambar.

Selain itu, perhatikan sudut atau sisi (angle) dan pencahayaan yang pas pada saat pemotretan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Bila Anda tidak mahir dalam dunia fotografi, bisa memanfaatkan jasa fotografer untuk pengambilan gambar tersebut.

Pilihlah fotografer yang handal agar hasil dari jepretan produk Anda nantinya juga menarik. Sehingga akan menambah nilai lebih baik lagi terhadap produk yang Anda pasarkan nantinya.

4. Bagikan dan Kumpulkan Testimoni dari Para Pembeli

Membagikan dan mengumpulkan testimoni atau tanggapan dari para pembeli produk Anda ini sangat penting. Manfaatnya adalah bisa menarik calon pembeli agar yakin terhadap produk Anda, dan meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Tak jarang, pebisnis online akhirnya gulung tikar hanya karena tidak mampu membangun kepercayaan para pembeli. Padahal, membangun kepercayaan pembeli tidaklah sulit-sulit amat. Anda tinggal meminta feedback (tanggapan) atau penilaian pembeli atas pelayanan dan kualitas produk yang dijual sesampainya barang tersebut di tangan pembeli.

Agar testimoni yang didapatkan nantinya positif, maka berikan pelayanan maksimal kepada para pembeli. Tidak hanya pada pelayanan saja, tapi kualitas produk dan juga estimasi pengiriman serta transaksi hingga kemudahan pengembalian produk ketika tidak sesuai dengan kriteria, sangat penting diperhatikan.

5. Paparkan Produk dengan Jelas

Memaparkan atau mendeskripsikan produk sejelas mungkin sangat diperlukan, mulai dari ukuran, warna, merek, dan model produk. Deskripsi yang jelas akan memberikan gambaran mengenai bentuk asli dari produk yang dijual.

Tentu yang juga harus diingat adalah deskripsi tersebut benar-benar sesuai dengan kondisi asli dari barang yang dijual. Ini penting, agar pembeli nantinya tidak kecewa setelah produknya sampai ke tangan.

6. Bangunlah Interaksi yang Baik dengan Pembeli

Interaksi antara penjual dan pembeli ini sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan interaksi ini jangan sampai terputus saat barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli. Tetap dan teruslah menjaga interaksi dengan pembeli selama Anda menjalankan bisnis online ini.

Tak ada salahnya juga memberikan voucher diskon kepada pembeli. Ini juga merupakan salah satu cara membangun interaksi dengan pembeli produk Anda. Voucher yang diberikan juga akan memancing minat pembeli untuk kembali berbelanja di platform bisnis online milik Anda.

Apabila cara ini sukses dijalankan, maka tingkat penjualan produk Anda pun akan senantiasa meningkat dan terjaga dengan baik dari waktu ke waktu.

Tekun dan Sabarlah Menjalankan Bisnis Anda
Setiap usaha akan selalu mengalami jatuh bangun. Anggap itu semua sebagai pembelajaran dan belajarlah dari pengalaman dengan memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada. Hambatan berupa persaingan dan terbatasnya modal mungkin menjadi salah satu kendalanya.

Akan tetapi, jiwa tidak putus ada dan pantang menyerah memang harus dimiliki oleh setiap orang yang bersungguh-sungguh ingin menjadi entrepreneur (wirausahawan). Anda harus tetap tekun dan sabar membangun bisnis Anda agar dikenal, serta jangan lupa untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik.

 

 

Sumber: cermati.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *