Tips Meningkatkan Kualitas Diri

Orang yang sukses adalah orang yang mempunyai kualitas hidup yang baik. Ia belum tentu sibuk, sebab orang yang sibuk juga belum tentu sukses. Namun apa yang dikerjakannya sangat efektif dan berpengaruh pada setiap pencapaian yang direncanakan di sepanjang hidupnya.

Tentu Anda tidak ingin karir Anda stuck, kondisi keuangan Anda tak knjung membaik atau bahkan kehangatan keluarga perlahan memudar hanya karena kualitas hidup Anda yang menurun. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menambah kualitas diri yang adalah penentu kualitas hidup Anda:

1. Tetapkan tujuan
Sebelum melakukan suatu hal, satu yang perlu diperhatikan adalah: tentukan tujuan. Kembali evaluasi apa yang sudah Anda kerjakan, jangan-jangan apa yang Anda lakukan telah bergeser dari tujuan semula. Sebab tujuan itulah yang akan memandu Anda sampai ke tempat yang diinginkan. Pastikan Anda selalu ingat pada tujuan awal perjalanan, sehingga Anda selalu on the track.

2. Fokus
Fokus amat diperlukan dalam menyelesaikan suatu proyek atau pekerjaan. Sebab dengan fokus maka tujuan Anda tidak bergeser. Kembalikan fokus Anda, untuk mengukur kualitas diri Anda.

3. Bangun lebih pagi
Banyak orang sukses mempunyai kebiasaan positif ini. Karena udara pagi yang segar bisa mengendurkan syaraf dan membuat otak lebih fresh.

4. Luangkan waktu untuk diri
Me time, begitu orang-orang biasa menyebutnya. Anda bisa melakukan hobi atau sesuatu yang bisa membuat Anda lebih rileks dan kelar dari kepenatan rutinitas. Hal tersebut juga dapat membuat otak lebih fresh dan siap bekerja kembali dengan lebih semangat.

5. Jangan lelah belajar
Jangan pernah puas dengan kemampuan diri. Terus asah potensi dan fokuskan pada keahlian Anda. Jika Anda expert atau mempunyai kemampuan lebih di satu bidang maka tentu Anda akan diperhitungkan. Karena bukan Anda lagi yang mengejar job, tapi job yang akan mengejar Anda.

6. Hindari lingkunga negatif
Lingkungan yang negatif hanya akan memengaruhi pikiran dan jiwa kita menuju hal-hal negatif juga. Pilih lingkungan rumah, komunitas dan lingkar pertemanan yang membangun demi peningkatan kualitas diri Anda.

7. Berani keluar dari zona nyaman
Berada di lingkungan yang nyaman memang membahagiakan. Namun hal tersebut juga dapat membatasi kreativitas kita. Karena kita tak lagi dapat mengukur kemampuan diri yang sebenarnya. Sekali-kali keluarlah dari zona nyaman Anda dan lihatlah dunia luar yang lebih berwarna untuk meningkatkan kualitas diri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *