Tips Menghindari Rasa Jenuh dalam Bekerja

Rasa jenuh dalam bekerja wajar dirasakan oleh siapapun, baik yang bekerja di kantor maupun bagi orang yang bekerja dari rumah. Semangat yang menurun, prestasi yang mentok dan lingkar pertemanan yang itu-itu saja adalah beberapa yang dapat menyebabkan kejenuhan melanda hari-hari Anda.

Lalu bagaimana tips agar kejenuhan tersebut dapat segera diatasai sebelum ia lebih jauh mengganggu produktivitas kerja Anda? Berikut beberapa tipsnya:

1. Refreshing
Ketika Anda sudah mulai merasakan kejenuhan dalam apapun aktivitas,
ambilah jeda untuk berhenti dan me-refresh pikiran Anda. Ambil jatah
cuti dan lakukan perjalanan yang menyenangkan hingga semangat Anda
kembali terbarukan. Dengan begitu, pikiran Anda kembali lapang, dan
Anda siap untuk menghadapi tugas kantor kembali.

2. Evaluasi
Setiap kita tentu punya alasan tersendiri mengapa kita bekerja dan mengapa kita memilih bidang pekerjaan seperti saat ini. Cobalah untuk mengevaluasi diri dan berpikir tentang apa tujuan awal bekerja. Luruskan kembali niat Anda dan ingat-ingat lagi mengapa Anda mau melakukan semua pengorbanan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mengingat segala perjuangan itu tentu dapat menimbulkan semangat yang berbeda bagi Anda.

3. Tekuni hobi
Cobalah untuk mengasah skill Anda yang lain. Misalnya Anda seorang akuntan dan mempunyai hobi menulis, maka coba alihkan perhatian sejenak dari pekerjaan rutin Anda dan mulai berusaha menikmati hobi yang telah lama Anda tinggalkan. Anda akan menemukan dunia Anda yang lain dan itu bisa mengusir kejenuhan yang Anda rasakan.

4. Ubah kebiasaan Anda
Mengubah kebiasaan bisa menghadirkan suasana baru yang menyegarkan pikiran. Jika Anda terbiasa menggunakan mobil saat ke kantor, maka sesekali cobalah menggunakan moda transportasi yang lain seperti bus atau juga ojek. Di sana akan banyak sekali yang dapat Anda lihat dan bisa dijadikan pelajaran. Selain itu mengubah posisi ruang atau meja kerja juga cukup berpengaruh pada mood Anda. Lakukan hal itu secara berkala.

5. Jalin petemanan sehat dan positif
Tidak dapat dimungkiri bahwa teman akan sangat berpengaruh terhadap keseharian kita. Karena itu carilah lingkar pertemanan yang sehat dan positif. Bergabunglah ke dalam komunitas-komunitas yang dapat membawa Anda pada kemajuan sklill maupun kematangan jiwa Anda. Dengan begitu maka Anda bisa terhindar dari jenuh yang berkepanjangan.

 

 

 

 

 

Image: andriewongso.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *