Tips Menciptakan Layanan Pelanggan yang Hebat

Layanan pelanggan yang hebat menciptakan pelanggan setia seumur hidup; pelanggan yang bersedia merekomendasikan bisnis Anda ke teman, keluarga, dan kolega. Menyediakan layanan pelanggan yang hebat bukan hanya dimulai dengan keinginan tulus Anda untuk menyenangkan pelanggan, namun Anda juga harus berpikir di luar menjual produk dan layanan.

Anda perlu mempertimbangkan pengalaman kumulatif yang dimiliki pelanggan saat mengunjungi toko atau situs web, apa yang mereka pikirkan dan rasakan, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Berikut ini sembilan cara untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan, dan mulailah menciptakan pola layanan pelanggan yang sangat baik untuk bisnis Anda.

Tahu Produk dan Jasa yang Dijual

Untuk memberikan layanan pelanggan yang hebat, Anda perlu tahu secara mendalam apa yang dijual. Oleh sebab itu, pastikan Anda dan semua karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan tahu secara mendalam bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan. Sadarilah pertanyaan yang paling sering diajukan pelanggan, dan cari tahu bagaimana mengartikulasikan jawaban yang akan membuat mereka puas.

Bersikap Ramah

Seperti yang banyak pakar pelayanan katakan, layanan pelanggan dimulai dengan senyuman. Ketika Anda berada dalam situasi tatap muka langsung dengan pelanggan, salam hangat harus menjadi hal pertama yang dilihat pelanggan, kemudian mendengarkan ketika mereka meminta bantuan. Bahkan saat menangani permintaan layanan pelanggan melalui telepon pun, senyum bisa masuk melalui suara. Jadi, pastikan Anda siap untuk bersikap ramah.

Ucapkan Terima Kasih

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda miliki, mengucapkan terima kasih setelah setiap transaksi dengan pelanggan adalah salah satu cara termudah untuk memulai kebiasaan layanan pelanggan yang hebat.

Latih Karyawan Anda

Penting bagi Anda untuk memastikan semua karyawan, bukan hanya divisi layanan pelanggan, memahami cara mereka berbicara, berinteraksi dan memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan. Berikan pelatihan kepada semua karyawan dan beri pula mereka alat yang dibutuhkan.

Perlihatkan Rasa Hormat Anda

Layanan pelanggan sering kali melibatkan emosi, jadi penting untuk memastikan Anda dan karyawan yang menangani tugas layanan pelanggan selalu bersikap sopan dan hormat. Jangan biarkan emosi Anda sendiri menghilangkan keinginan Anda untuk melihat pelanggan pergi dengan perasaan bahagia.

Mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu rahasia layanan pelanggan yang paling sederhana. Mendengarkan berarti mendengar apa yang dikatakan pelanggan walaupun mereka berteriak, begitu pula dengan apa yang mereka komunikasikan secara nonverbal. Perhatikan tanda-tanda bahwa mereka tidak senang, sambil mendengarkan apa yang mereka katakan kepada Anda secara langsung.

Responsif

Mungkin tidak ada yang lebih buruk daripada tidak responsif terhadap pelanggan yang mencoba mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah, atau mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Sangat penting menanggapi setiap pertanyaan pelanggan dengan cepat, meski hanya dengan mengatakan Anda mengerti tentang masalah ini dan akan kembali menelepon pelanggan tersebut. Terkadang, beberapa respons selalu lebih baik daripada tidak ada sama sekali, sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan.

Minta Masukan

Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda pelajari tentang pelanggan dan kebutuhan mereka saat Anda bertanya kepada mereka apa pendapatnya tentang bisnis, produk, dan layanan yang Anda tawarkan.

Anda bisa menggunakan survei pelanggan, formulir umpan balik dan kuesioner, namun Anda juga bisa meminta masukan langsung dari pelanggan saat mereka menyelesaikan pesanan mereka.

Gunakan Masukan yang Telah Anda Terima

Anda perlu melakukan sesuatu dengan umpan balik yang diterima dari pelanggan agar berguna dalam proses layanan pelanggan Anda. Luangkan waktu untuk meninjau umpan balik secara berkala, mengidentifikasi area yang harus diperbaiki, dan membuat perubahan spesifik dalam bisnis Anda.

Layanan pelanggan yang hebat sering kali terjadi karena secara konsisten pelanggan diperiksa dan dipastikan mereka senang bukan hanya dengan produk dan layanan yang ditawarkan, namun juga dalam proses pembelian dan pemesanan yang bekerja dengan baik. Jika Anda melakukan sembilan cara menyediakan layanan pelanggan yang hebat ini dengan benar, Anda berada di jalan yang tepat untuk dikenal sebagai bisnis yang menyediakan layanan pelanggan sangat baik.

 

 

Sumber: marketing.co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *