Tips Membuat Artikel Viral di Media Sosial

Rasanya sayang sekali jika artikel yang sudah cape-cape kita posting di blog minim pembaca, padahal isinya cukup berguna dan tengah dicari kebanyakan orang. Lalu bagaimana agar artikel yang diposting bisa menjadi viral dan membuat orang dengan sukarela membagikannya kepada khalayak karena kemanfaatannya?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan agar artikel Anda menjadi viral:

  1. Murni tulisan sendiri

Bagaimana akan membuat orang tertarik, jika artikel tersebut sudah pernah tayang dan dimuat sebelumya oaleh website lain? Pastikan Anda membuat sendiri postingan artikel di blog Anda dengan bahasa yang menarik serta santun.  Tunjukan ciri khas Anda dalam setiap  tulisan yang diposting.

  1. Judul yang kreatif dan menarik

Sebuah judul bisa membuat orang memutuskan untuk melanjutkan membaca atayu tidak. Judul yang kreatif akan langsung mendapat perhatian dari para pembaca. Hanya yang perlu diingat, jangan sampai isi judul tak sesuai dengan apa yang tertulis di dalam artikel.

  1. Bukan berita bohong

Pastikan apa yang ada dalam blog Anda adalah artikel yangb enar-benar bermanfaat. Jangan sampai Anda membuat berita yang belum teruji kebenarannya. Setidaknya Anda bisa kroscek dulu sebelum menuliskan dan memostingnya, sehingga tidak menggiring opini pembaca ke arah yang salah.

  1. Jangan terlalu panjang

Sekarang kecenderungan mengakses internet serta mendapatkan segala berita dan informasi dari ponsel pintar yang mereka miliki.  Oleh karena itu jika Anda membuat tulisan yang terlalu panjang hanya akan membuat mata lelah dan ingin segera menyelesaikannya. Namun alih-alih menyelesaikan, bisa jadi orang akan beralih dan meninggalkan apa yang tengah dibacanya. Tulisan yang singkat, padat dan berisi tentu lebih efektif untuk dibaca.

  1. Masukan foto atau video yang mendukung

Untuk mendukung data dan fakta yang tengah Anda sajikan melalui tulisan, mengunggah video atau foto bisa menjadi daya tarik tersendiri. Foto dan video adalah data autentik yang dapat membuat kita lebih percaya saat membaca uraian suatu cerita. Karena itu jangan lupa untuk mendokumentasikan suatu kegiatan jika ada memang berniat untuk membaginya di blog pribadi Anda.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *