Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online

Kepercayaan merupakan sifat dasar yang sangat penting, dimana sifat percaya ini tidak muncul kecuali dengan bukti-bukti yang telah ada. Begitu pula di dalam dunia bisnis, kepercayaan sangat di butuhkan terutama kepercayaan konsumen terhadap penjual barang. Pada umumnya, konsumen harus membayar terlebih dahulu saat berbelanja online, baru barang di kirimkan ke alamat tujuan.

Karena itu kepercayaan konsumen bagi seorang pedagang online menjadi hal utama. Sebab konsumen tersebut tidak bisa melihat langsung barang yang dibelinya dan hanya bermodal percaya.

Di bawah ini adalah tips untuk membangun kepercayaan konsumen bagi para pedagang online.

1. Bangun website toko online profesional

Saat pertama kali ingin belanja online, konsumen akan mencari toko online yang sesuai dengan barang yang dicarinya. Setelah ketemu maka konsumen akan menuju situs tersebut untuk melihat barang yang diinginkan. Kesan pertama yang di perhatikan oleh konsumen tentu tampilan toko online tersebut. Dengan tampilan yang mudah dan navigasi jelas, konsumen akan nyaman dalam memilih barang.

Itu artinya tampilan yang profesional sangat di butuhkan. Konsumen biasanya juga melihat domain dari alamat website tersebut, dengan domain yang profesional konsumen paling tidak percaya jika website ini terpercaya. Usahakan jangan menggunakan domain gratisan saat membangun toko online, konsumen saat ini mengerti betul jika situs jual beli online dengan domain gratisan rawan dengan penipuan.

2. Gambar yang jelas dan original

Gambar barang wajib disertakan saat kita berjualan online. Tanpa gambar bagaimana konsumen tahu tampilan fisik barang tersebut? Meskipun tidak melihat secara langsung, paling tidak dengan melihat gambar konsumen bisa tahu nantinya barang yang dibeli seperti apa.

Sebagai pemilik toko online ada baiknya Anda mengambil gambar original dari barang yang dijual. Foto barang menggunakan kamera yang bagus agar detail barang terlihat, pastikan juga untuk menyertakan gambar lebih dari 2 gambar yang di foto dari berbagai sisi, karena semakin banyak gambar konsumen bisa melihat barang dari berbagai sisi.

3. Deskripsi produk jelas dan lengkap

Selain menyertakan gambar yang jelas dan original, Anda juga harus memberikan deskripsi pada setiap produk yang Anda jual. Berikan deskripsi dengan jelas dan selengkap-lengkapnya. Dan jangan sampai Anda salah dalam menuliskan deskripsi apalagi sampai berbohong. Semisal Anda menjual smartphone dan smartphone tersebut sebenarnya garansinya adalah distributor, tapi agar konsumen lebih tertarik Anda memberikan deskripsi dengan menyebutkan garansi resmi.

Dampak terburuknya saat konsumen memberikan testimoni mengenai toko Anda.

Memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas bisa meminimalisir pertanyaan dari konsumen, karena jika harga, ukuran, jenis, garansi, warna dan segala sesuatu yang di butuhkan sudah di berikan, konsumen tidak akan bertanya lagi, mungkin bertanya masalah pembayaran dan lain sebagainya.

4. Mudah dihubungi konsumen

Saat konsumen tertarik dengan produk yang di inginkan, konsumen akan mencari kontak yang bisa di hubungi. Yakinlah disini konsumen sangat butuh fast respone dari anda. Jika konsumen bertanya pada jam 7 pagi, paling tidak anda sudah menjawab pertanyaan konsumen maksimal jam 8, jangan sampai membuat konsumen menunggu lama untuk sekedar 1 pertanyaan saja.

Yang lebih penting pastikan konsumen mudah dalam mencari nomor atau media yang bisa mereka hubungi, letakkan di atas atau di samping situs. Selain nomor telepon sediakan pula jenis media komunikasi lain semisal SMS, WA, BBM, Line, Email dan lain sebagainya.

5. Garansi Produk

Garansi produk merupakan salah satu bentuk tanggung jawab penjual. Bukan karena barang yang mudah rusak, tapi untuk mengatisipasi ketika barang rusak atau terjadi masalah di kemudian hari. Memang tidak semua barang ada garansinya, seperti pakaian misalnya. Namun jika barang elektronik seperti smartphone garansi otomatis ada.

Garansi yang di maksudkan disini adalah garansi dari Anda sendiri sebagai penjual, semisal garansi jika barang tidak sampai, garansi barang rusak atau cacat saat sampai dan garansi salah produk. Dengan garansi tersebut paling tidak anda sudah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen. Tentu saja kepercayaan konsumen semakin meningkat jika anda memberikan garansi seperti ini.

6. Sertakan testimoni pelanggan

Memberikan halaman khusus yang berisi testimoni dari pelanggan yang sudah belanja merupakan hal yang bagus, karena dengan adanya real testimoni dari pelanggan, konsumen bisa menilai bagaimana barang dan pelayanan yang anda berikan. Lebih bagus lagi jika testimoni barang berada tepat di halaman barang tersebut, dengan begitu testimoni lebih tepat sasaran dan konsumen pun bisa menilai dengan cepat.

 

 

 

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *