Tips Jitu Membangun Brand Besar Mulai Dari Bawah

Dalam menjalankan bisnis, populer atau tidaknya sebuah brand yang Anda miliki akan menentukan arah pertumbuhan usaha ke depannya. Ya, semakin populer brand atau merek bisnis Anda akan semakin bertumbuh pula bisnis Anda dan sebaliknya.

Brand atau nama bisnis (merek) memang tak boleh diremehkan. Sama seperti memberi nama pada anak-anak Anda. Nama bukan lagi sebuah hal yang tanpa arti seperti yang dikatakan William Shakespears. Nama bisnis yang akan Anda berikan dengan langsung dan tak langsung akan berdampak pada perjalanan usaha Anda.

Namun bagaimana jika kita memulai usaha dari nol dengan artian merek yang kita miliki belum populer? Tenang, berikut ada 5 tips yang bisa kita lakukan untuk membangun brand (merek) yang besar bagi bisnis kecil yang masih kita rintis.

1. Mengetahui Pasar Anda

Tips pertama untuk membuat usaha kecil membangun brand besar adalah dengan memfokuskan merek bisnis Anda pada sasaran atau target pasar.  Target pasar yang dibuat bisa berupa umur, profesi, alamat, pekerjaan, penghasilan, kebutuhan, trend, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Gunakan ini sebagai acuan dalam menentukan target pasar Anda.

Target pasar bisnis memang bisa saja menyasar semua kalangan, namun alangkah baiknya jika Anda memfokuskan lebih detail target Anda. Dengan lebih fokus, Anda bisa lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis yang akan Anda jalankan.
2. Perhatikan Penampilan Merek Anda

Penampilan pada merek bisnis bisa Anda lakukan dengan mendesain sebuah logo, kemasan atau tampilan dari produk Anda sebaik mungkin. Dari nama dan desain brand ini Anda bisa menarik orang untuk melihat dan membeli produk atau layanan bisnis Anda.

Untuk membuat merek yang menarik, Anda bisa menggunakan bahasa visual dan desain estetika yang baik. Jangan lupa juga untuk menggunakan font tulisan yang konsisten. Ini akan membentuk karakter dan ciri khas unik untuk membangun brand Anda.

3. Pakai Kata yang Mudah Dideskripsikan

Dalam hal penggunaan kata, usahakan Anda bisa menjawab pertanyaan ini yaitu, “Ketika Anda diminta untuk menggambarkan 5 kata untuk merek Anda, kira – kira apa yang akan Anda ucapkan?”

Jika Anda sanggup menjawab pertanyaan ini, berarti Anda telah berhasil menggunakan kata kunci merek yang sesuai target dan tujuan Anda.

Jadi usahakan brand Anda dikenal dengan brand yang simpel atau mudah untuk dideskripsikan. Dengan membangun brand yang mudah dijelaskan maka merek Anda akan cepat dikenal dan populer.

4. Ciptakan Nama Merek Yang Mengandung Solusi

Untuk membangun brand yang baik, Anda perlu memikirkan nama brand yang memberikan pesan sebagai solusi bagi para pembeli Anda. Karena merek yang Anda berikan untuk bisnis Anda bukanlah hanya sekedar sebuah nama. Sebuah brand akan otomatis memberikan dan menyampaikan pesan tertentu kepada publik.

5. Cermat dalam Berpromosi

Untuk menjadikan sebuah merek bisnis dikenal banyak orang maka umumnya pebisnis diharuskan melakukan promosi. Namun apa jadinya jika bisnis yang kita jalani adalah bisnis yang masih kecil yang memiliki dana terbatas? Jangan kuatir, kini seiring pertumbuhan teknologi, banyak media yang bermunculan.

Bahkan diantara media-media tersebut tak berbayar alias gratis. Media gratis yang bisa Anda pakai itu seperti media sosial, blog dan lain sebagainya. Nah sembari itu Anda bisa menjalankan bisnis dan mengumpulkan dana untuk promosi lebih besar.

 

 

Sumber: maxmanroe.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *