Tips Fokus dalam Bekerja

Salah satu hal yang paling penting bagi seorang karyawan dalam bekerja adalah konsentrasi atau fokus. Sebab fokus itulah yang akan membuat segala pekerjaan cepat terselesaikan. Satu atau beberapa pekerjaan memang bisa dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, tapi bisa hal tersebut akan memakan waktu dan mengurangi kwalitas hasil pekerjaan itu.

Rasa nyaman juga satu hal lain yang sama pentingnya. Kenyamanan dengan lingkungan kantor, teman kerja dan juga apa yang dikerjakan dapat menstimulus hormon bahagia yang menyebar di dalam jiwa. Lalu, apa saja yang bisa membuat kita makin nyaman bekerja dan dapat berkonsentrasi penuh? Berikut ini tipsnya:

1. Bangun pagi

Orang sukses selalu memanfaatkan waktu pagi untuk menyerap energi langsung dari alam. Meski bagi seorang muslim wajib mengerjakan shalat subuh, tapi alangkah baiknya jika Anda bisa bangun lebih dini untuk mengerjakan shalat sunnah terlebih dahulu dan kemudian berdiam untuk mengambil jeda memikirkan apa-apa yang akan dikerjakan hari ini.

2. Sarapan

Jangan lupakan sarapan, sebab ia yang akan memberi energi lebih pada tubuh Anda. Apapun kebiasaan menu sarapan Anda, pastikan ia dapat memberikan efek positif pada tubuh. Glukosa yang didapat dari sarapan merupakan sumber utama untuk meningkatkan konsentrasi juga mood dalam beraktivitas.

3. Buat list pekerjaan

Jangan sampai fokus Anda dalam bekerja terpecah hanya karena Anda tidak mempunyai prioritas pekerjaan. Pilih pekerjaan wajib hari itu yang harus Anda selesaikan. Yakinkan Anda bisa menyelesaikannya tepat waktu dan baru kemudian beralih fokus ke list pekerjaan selanjutnya.

4. Ciptakan suasana yang nyaman

Ukuran kenyamanan orang memang berbeda-beda, tapi tentu Anda sendiri tahu bagaimana Anda bisa memperoleh rasa nyaman yang dapat menghadirkan konsentrasi dalam bekerja. Sebuah penelitian menyebutkan, ketika kita tengah merasa nyaman, gelombang otak bekerja sekitar 8-12 siklus per detik. Itu disebut sebagai kondisi alpha, yaitu kondisi dimana otak berada dalamkeadaan fokus atau terjaga. Nah, saat itu adalah saat yang paling ideal untuk bekerja atau juga belajar.

Hal-hal yang membuat nyaman misalnya, mendengarkan musik, meja kerja yang rapi juga pakaian yang pas.

5. Hindari hal-hal yang dapat memecah konsentrasi

Karena konsentrasi sangat diperlukan saat kita bekerja, maka hindari hal-hal yang dapat memecah konsentrasi serta mood kita dalam bekerja. Jangan bawa persoalan pribadi ke meja kerja, hindari konflik dengan teman kantor juga berkomitmen untuk datang tepat waktu. Sebab keterlambatan seringkali membuat mood berubah dan mengacaukan jadwal yang telah rapi disusun

6. Gunakan waktu istirahat dengan optimal

Jangan pernah sia-siakan waktu istirahat Anda. Sebab waktu istirahat itulah yang akan mengembalikan energi Anda. Meski hanya satu jam, tapi Anda bisa sejenak bersantai dan makan siang atau sekadar mendengarkan musik atau nonton film. Setelah selesai, kembalilah bekerja dan berkonstrasilah.
image: hasansadili.my.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *