Tips Bekerja Efektif dari Rumah

Bekerja tidak melulu harus di kantor. Di rumah Anda juga bisa bekerja. Namun, orang-orang yang bekerja di rumah terkadang lebih ceroboh. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengawasan dari atasan. Lingkungan kerja juga tidak formal.

Jika malas dan sering menunda-nunda waktu sudah menjadi kebiasaan. Untuk berpindah dari pekerjaan satu ke pekerjaan selanjutnya pun tidak bersemangat karena malas. Sehingga, hasil yang didapatkan pun tak maksimal. Tak berjalan sesuai apa yang diharapkan.

Agar kebiasaan bermalas-malasan bisa dikikis, Anda perlu melakukan beberapa kiat. Berikut adalah kita bekerja efektif walaupun berada di rumah:

1. Menentukan Jadwal Kerja

Work schedule atau jadwal kerja menjadi hal yang sangat penting. Tujuannya tak lain agar pekerjaan lebih teratur. Adanya jadwal kerja membuat Anda tahu apa yang harus dikerjakan hari ini. Sehingga tidak keteteran atau bahkan terlalu bersantai ria.

Jika belum mempunyai jadwal kerja, cobalah untuk membuatnya. Anda harus disiplin pada jadwal kerja yang dibuat agar hasilnya maksimal. Lakukan perbandingan antara yang dulu dan yang sekarang. Manakah yang lebih baik? punya jadwal kerja atau tidak?

2. Membangun Niat

Sifat malas kerap kali menghantui. Serajin apapun Anda, pasti sifat ini sering menghantui. Jika tergoda, rasa malas pun akan menghantui diri sepanjang waktu. Sehingga jadwal kerja yang telah dibuat hanya pajangan semata. Untuk mengatasinya, Anda harus membangun niat dalam diri.

Tumbuhkan rasa ingin bekerja yang tinggi agar pekerjaan cepat selesai. Keinginan untuk berkumpul bersama teman dikesampingkan terlebih dahulu. Agar tetap fokus pada apa yang dikerjakan.

Niat ini dibangun dari dalam diri sendiri. Jika Anda saja tidak berniat, bagaimana pekerjaan dapat terlaksana sesuai harapan?

3. Jangan Lupa Motivasi Diri Sendiri

Meskipun bekerja di rumah, rasa lelah tak dapat dihindari. Beban pikiran, beban kerja, dan beban keluarga dapat membuat stres. Alhasil, Anda menjadi malas untuk bekerja. Mungkin lebih baik tidur seharian ketimbang bekerja mengurusi tumpukan kertas di meja kerja.

Jika rasa lelah muncul, sebisa mungkin untuk memotivasi diri sendiri. Tanpa adanya motivasi, sifat malas ini tidak dapat dihilangkan. Jika menemukan kegagalan, motivasi diri dengan lebih keras lagi. Jangan pernah lelah berhenti untuk memotivasi diri sendiri. Kalau bukan Anda yang memotivasi diri sendiri, siapa lagi?

4. Menyulap Suasana Rumah seperti Kantor

Siapa bilang bekerja di rumah hasilnya tidak maksimal? Hal ini sangat mungkin terjadi jika niat dan motivasi telah berhasil dibangun dalam diri sendiri. Selain itu, ada hal yang tak kalah pentingnya yaitu menyulap suasana rumah seperti kantor. Cara ini sangat efektif untuk membangun semangat kerja. Karena suasananya berbeda, Anda jadi merasakan rumah seperti kantor. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan. Apalagi jika harus menunda waktu untuk bekerja.

Jika mempunyai ruangan yang tidak dipakai, Anda bisa menyulapnya menjadi kantor pribadi. Sesuaikan warna dinding dan semua perlengkapan menyerupai kantor. Jangan lupa untuk menambahkan pendingin ruangan agar suasananya persis sama.

5. Tidur yang Cukup

Langkah terakhir ialah tidur yang cukup. Kerja lembur memang tak bisa dihindarkan, namun bukan berarti tidak bisa tidur dengan cukup. Untuk mencegah rasa kantuk, Anda bisa tidur lebih cepat. Sehabis pulang lembur, mandi, dan langsung bentangkan diri di tempat tidur.

Tidur yang cukup membuat untuk lebih bersemangat keesokan harinya. Tak hanya itu, Anda juga bisa bangun lebih bagi. Alhasil, banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Anda juga akan kelihatan lebih produktif ketimbang pegawai lainnya.

 

 

 

Sumber: cermati.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *