Risiko Menjadi Wirausaha yang Wajib Diketahui

Ada beberapa hal yang wajib diketahui ketika menjadi seorang wirausaha. Baik itu untung, rugi, serta segala risiko dan konsekuensi harus dapat dihadapi sekaligus dicarikan solusi. Jika semua sudah disadari sedari awal, maka sikap hati-hati dan waspada atas risiko yang akan dihadapi wajib dilakukan.

Nah berikut ini adalah beberapa risiko yang jamak dihadapi oleh seorang pengusaha:

 
1. Rugi/ Bangkrut
Di urutan pertama sudah tentu hampir semua wirausaha tidak menginginkan bisnis yang sedang dijalankan mengalami kerugian hingga terjadi kebangkrutan. Karena tujuan utama mendirikan suatu usaha atau bisnis ialah mencari keuntungan. Jika Anda mengalami kerugian maka harus cepat-cepat berbenah dan mencari solusi yang baik agar usaha yang digeluti kembali ke jalan yang benar.
2. Utang
Utang merupakan risiko kedua yang biasanya terjadi saat Anda membutuhkan modal untuk membuka usaha atau bahkan untuk membuka cabang baru. Namun dengan memiliki utang seharusnya dapat semakin memotivasi Anda untuk terus berusaha secepat mungkin agar utang anda bisa segera lunas.
3. Masalah Teknis
Masalah teknis yang sering dijumpai seperti pemadaman listrik, rusaknya mesin dan juga hal lain yang berhubungan dengan teknis bisa saja menghampiri bisnis Anda. Hal ini merupakan risiko yang sering terjadi, terlebih jika mesin yang digunakan terus beroperasi hingga 24 jam penuh.
4. Kecelakaan Kerja
Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa memiliki karyawan banyak semakin menambah risiko kecelakaan kerja. Sebagai seorang wirausaha yang baik, Anda dianjurkan untuk mendaftarkan setiap karyawan ke sebuah perusahaan asuransi, agar saat terjadi kecelakaan kerja perusahaan asuransi tersebut akan membantu Anda.
5. Hal Tak Terduga
Hal tak terduga merupakan kejadian dimana suatu hal tersebut terjadi di luar keempat resiko di atas, seperti hilangnya hasil produksi, penggelapan uang yang di lakukan oleh karyawan atau bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

 

 

 
Sumber: seribupeluang.blogspot.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *