PERLUAS KONEKSI DAN RELASI

Setiap orang bisa mendapatkan sesuatu yang berguna dari jaringan yang dimilikinya, jadi kita harus berusaha membangun dan memperluasnya untuk menciptakan potensi dan peluang karir kita di masa depan. Langkah ini bisa dimulai dari orang-orang yang terdekat dengan Anda, lalu bergerak ke orang-orang lain yang mengenal mereka. Petunjuk dan tips berikut mungkin bisa membantu untuk membangun jaringan bisnis yang sehat dan berguna.

Membangun Koneksi

Satu halangan terbesar dalam membangun koneksi adalah keseganan karena tidak bisa mengimbangi. Anda pasti cenderung untuk mencari seseorang yang mempunyai status kesuksesan yang lebih tinggi dari Anda (apapun definisi mengenai kesuksesan itu), dan Anda mungkin berpikir mengapa mereka ingin membangun koneksi, karena mereka tidak membutuhkan apapun dari Anda. Fakta ini mungkin benar awalnya, tetapi ini tidak boleh dijadikan halangan.

Membangun koneksi berarti keluar dari zona aman dan menempatkan diri di posisi dimana Anda bisa menolong atau ditolong oleh orang lain. Ingatlah bahwa membangun koneksi adalah bagian dari hidup manusia dan banyak orang diluar sana bahkan tidak mengharapkan balasan apapun dari Anda.

Mulailah Sebelum Membutuhkan

Semua orang ingin dihargai dengan diminta nasihatnya, tetapi tidak ada orang yang ingin “dimanfaatkan” karena mereka berada di posisi bagus atau punya koneksi tertentu. Berbicaralah dengan teman dan keluarga Anda, dan setiap kali ada nama baru yang keluar, ambillah peluang ini untuk belajar lebih jauh tentang orang baru tersebut dan berusaha untuk bertemu dengan mereka.

Tujuan dari tindakan ini adalah untuk membangun hubungan dengan orang lain sebelum Anda berada dalam keadaan membutuhkan pertolongan mereka. Bersosialisasi itu lebih baik daripada menjadi oportunis.

Lakukan Langsung

Hal yang paling baik untuk memulai membangun koneksi adalah bertemu muka secara langsung. Jumlah dari orang yang berbicara dengan kita setiap harinya belum tentu menentukan baik buruknya koneksi kita. Sediakan dan tetapkan waktu untuk bertemu dengan orang-orang tertentu dan pastikan Anda selalu tepat waktu. Dengan menghargai waktu mereka dengan hadir tepat waktu, Anda sudah menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang layak untuk dijadikan koneksi.

Datang Dengan Persiapan

Tanyakan pada diri sendiri: Apa tujuan saya bertemu dengan orang ini? Apakah untuk sekedar bertemu, menggali minat, atau untuk menjadikan orang tersebut sebagai teman dan koneksi yang bisa dipercaya?

Tentukan tujuan Anda karena bertemu dengan orang lain dengan tanpa mempunyai tujuan adalah aneh dan hanya membuang-buang waktu saja. Sebaliknya bila ingin bertemu untuk tujuan bisnis, janganlah berlaku seperti bertemu dengan teman kencan.

Mulai dari busana sampai apapun yang diperlukan untuk pertemuan nanti harus dipersiapkan. Siapkan pula rencana percakapan tentang apa saja yang ingin anda tanya atau bicarakan, serta arah percakapannya nanti. Terakhir, jangan lupa bila ada peluang, tanyakan apakah orang itu mengetahui orang lain yang berkaitan dengan topik percakapan saat itu.

Tunjukkan Apresiasi Anda

Tunjukkan apresiasi Anda pertama-tama dengan menghormati waktu orang lain. Untuk membangun relasi / koneksi dengan orang lain, anda memerlukan sebuah alasan untuk menghubunginya lagi tanpa mengulur-ulur waktu orang tersebut. Sebuah pertemuan yang singkat seringkali lebih baik daripada pertemuan yang lama, terutama bila pihak yang lain sedang dalam keadaan sibuk atau lelah. Bila pertemuan menjadi membosankan maka Anda tidak akan mendapatkan pertemuan kedua. Jangan lupa melakukan follow-up setelah beberapa lama pertemuan berlalu.

Ingat Siapa yang Memperkenalkan Anda

Seringkali kita terlalu bersemangat bertemu relasi / koneksi baru sehingga kita lupa berterimakasih kepada orang yang justru telah memperkenalkan kita pada koneksi tersebut. Tak ada orang yang suka bila dilupakan. Jadi tunjukkanlah apresiasi Anda dengan mengajaknya setiap kali Anda ingin bertemu dengan koneksi baru tersebut.

 

 

Sumber: marketing.co.id/Ivan Mulyadi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *