Pentingnya Kemasan Produk

Strategi pemasaran bisnis memang tidak pernah ada matinya. Sampai hal–hal kecil pun ternyata dapat dijadikan sebagai strategi untuk mengembangkan sebuah bisnis. Salah satu contoh hal kecil yang sangat berpengaruh terhadap pemasaran adalah kemasan produk.

Akan tetapi tidak semua pelaku bisnis menyadari bahwa kemasan produk yang mereka tawarkan ternyata memberikan pengaruh besar terhadap angka penjualan produk mereka. Apalagi para pelaku usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan, mereka hanya fokus untuk membuat produk tapi tidak memperhatikan kemasan produk yang digunakannya. Kemasan yang sering digunakan hanyalah kemasan plastik biasa yang tidak berbeda dengan pelaku bisnis lain.

Meski kemasan produk menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif, tapi harus diperhatikan juga desain serta bentuk kemasan yang diminati para konsumen. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk:

1. Unik dan menarik

Usahakan untuk menciptakan kemasan produk yang belum dipakai oleh produk lain. Sehingga produk yang Anda tawarkan memberikan kesan lebih menarik dan lebih unik dibandingkan produk lain dengan jenis usaha yang sama.

2. Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk

Sesuaikan desain kemasan luar dengan isi dalam kemasan. Misalnya menawarkan produk snack jagung, maka kemasan luar produk bisa didesain dengan menampilkan gambar animasi jagung yang menarik. Sehingga konsumen tidak salah memilih produk yang mereka inginkan.

3. Buat kemasan dalam berbagai ukuran

Tujuan menciptakan kemasan dalam berbagai ukuran, dari yang kecil hingga kemasan yang berukuran besar karena tidak semua konsumen membutuhkan produk dalam jumlah yang banyak. Jadi mereka bisa memilih kemasan kecil sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu konsumen juga lebih menyukai produk dengan ukuran yang kecil, karena konsumen lebih tertarik dengan kemasan kecil yang lebih murah disbanding harga ukuran besar.

4. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang

Usahakan memberikan kemasan produk yang dapat di daur ulang, karena saat ini konsumen lebih memyukai kemasan yang dapat didaur ulang untuk mengurangi adanya global warming. Disamping itu kemasan yang tidak dapat didaur ulang juga dapat merugikan lingkungan.

5. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen

Bedakan kemasan produk sesuai dengan karakter para konsumen. Misalnya saja membuat desain kemasan produk sesuai dengan target pasarnya, bisa dibedakan berdasarkan umur konsumen, maupun jenis kelamin konsumen.

 

 

 

 

Sumber; bisnisukm.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *