Menjadi Kreatif Meski Tak Berpendidikan Tinggi

Menjadi kreatif tak ada hubungannya dengan jenjang pendidikan. Meski tidak dimungkiri, bersekolah hingga jenjang pendidikan tinggi akan memperkaya ilmu, pengalaman, link pertemanan dan juga memacu daya saing serta kreativitas.

Akan tetapi jangan salah, kita bisa tetap kreatif meski tak pernah mengenyam pendidikan sarjana atau juga sekolah dan training yang memang concern di ranah kreativitas. Nah, berikut adalah beberapa tips agar menjadi kreatif meski tak mengenyam pendidikan tinggi:
1. Berani keluar dari zona nyaman
Zona nyaman sebenarnya adalah zona ‘mematikan”. Siapa saja yang sudah betah di sana, maka bisa jadi segala kreativitasnya akan mandeg. Karena yang ia jumpai hanya hal yang sama setiap hari sehingga kurang bisa memacu kreativitas.

Karena itu segera keluar dari zona nyaman Anda dan temui hal-hal baru yang dapat memacu orak Anda berpikir lebih kreatif.

2. Belajar dari kesalahan
Cepat belajar dari kesalahan adalah salah satu ciri orang kreatif. Sebab orang yang kreatif pasti dinamis, mudah bergerak serta mudah menyesuaikan diri dengan berbagai situasi. Kesalahan yang pernah dilakukan semakin mendorong mereka untuk lebih kreatif dalam bertindak mencari solusi dan menciptakan banyak ide.

3. Bergabung dengan komunitas positif
Lingkungan yang baik selalu diperlukan untuk perkembangan diri. Karena itu mencari komunitas yang membangun kreativitas wajib dilakukan. Apalagi biasanya komunitas yang ada tidak terbentuk berdasar jenjang pendidikan tapi berdasarkan kesukaan atau hobi.

4. Sering jalan-jalan
Melakukan perjalanan ke tempat baru bisa merefresh otak kita. Dari perjalanan tersebut, Anda bisa menemukan hal-hal baru yang tak didapat sebelumnya. Dengan begitu dapat menimbulkan ide-ide baru yang mungkin belum pernah Anda temui.

5. Ubah mindset
Mengubah pola pikir adalah salah satu hal yang harus dilakukan paling awal. Sebab dengan pola pikir yang berbeda, Anda bisa menjadi orang yang baru. Baru secara pemikiran, ide dan eksekusi rencana-rencana yang telah ditetapkan.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *