Media Sosial yang Diprediksi Populer Tahun 2016

Di tahun 2016 ini sosial media akan sangat berpengaruh pada banyak hal. Bahkan sudah beberapa tahun kebelakang, sosial media digunakan untuk media kampanye para calon pemimpin dan juga digunakan sebagai alat komunkasi yang cukup ampuh antara pimpinan daerah dan warganya.

Dilansir dari laman socialmediaweek.org, berikut ini adalah 4 media sosial yang akan populer di tahun 2016 ini:

Vine
Di tengah-tengah gencarnya fitur video pada Instagram, ternyata dipertengahan tahun 2015 Twitter juga mengeluarkan Vine sebagai tempat berbagi video selama 15 detik. Namun, bedanya pengambilan video pada Vine lebih gampang, karena Anda bisa mengambil video hanya dengan menyentuh layar di mana saja, berbeda dengan Instagram yang nyediakan tombol shutter di tengah layar saat pengambilan video. Namun, kedua platform ini bisa mengambil potongan-potongan video atau satu video secara keseluruhan, maka banyak video “sulap” yang diunggah pengguna Vine untuk menarik para followers.

Periscope
Periscope adalah salah satu platform media sosial terbaru dengan video sebagai fitur andalannya. Platform ini memungkinkan para followers (penonton video) untuk menonton secara live atau realtime video yang diupload oleh si penggunanya. Di sini Anda bisa melihat pandangan dari mata para pengguna di Periscope. Dengan platform ini juga Anda akan diajak menjadi seorang broadcaster atau menyiarkan dirinya secara langsung lewat smartphone-nya untuk dilihat oleh followers. Seperti siaran radio atau TV yang bisa mengirim pesan selama Anda siaran, naah pada Periscope ada satu kolom untuk memberikan like berupa icon love dan mengirim komen di saat Anda membuat video secara live.

Instant Article
Salah satu keunggulan Instant Article adalah kecepatan menampilkan artikel yang diunggah bagi sang pengguna. Dengan fitur dari Facebook ini, pengguna dapat melakukannya 10 kali lebih cepat. Kalau Anda ingin menikmati fitur Instant Article, Anda hanya perlu menekan ikon petir pada kolom News Feed. Dengan cara mudah ini, maka Anda yang memiliki akun Facebook sudah dapat menikmati artikel dan berita yang mereka inginkan, bahkan sekarang sudah banyak brand-brand yang telah mencoba menjajakan marketing online melalui Instant Article.

Snapchat
Sekilas, aplikasi Snapchat hampir sama dengan aplikasi Instagram dan Periscope, karena bisa berbagi foto dan video. Bahkan, aplikasi ini sudah memiliki pelanggan yang cukup populer di berbagai kalangan. Para pengguna bisa mengupload foto sesuai waktu yang diinginkan dan bisa memberikan jangka waktu untuk menghapus foto yang telah diupload untuk privasi foto-foto si pengguna, maka tak heran kalau saat ini, Snapchat masuk ke dalam 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di Apps Store dan berada di peringkat 33 di Google Play Store.

 

 

image: socialmediaweek.org

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *