6 Kerugian Belanja Online

Di antara banyak kelebihan dari belanja online, tentu ada juga kekurangannya. Karena belanja online membuat kita tak tahu wujud asli barang yang ingin dibeli, sehingga kehati-hatian tetap harus diuatamakan. Nah inilah beberapa di antara kerugian ketika kita memilih belanja online daripada mendatangi penjual atau tokonya langsung:

1. Tidak tahu wujud asli barang
Ketidaktahuan akan wujud asli barang membuat Anda harus lebih berhati-hati jika ingin belanja online. Apa yang tampak di foto belum tentu sama dengan wujud asli.

2. Tidak bisa mencoba
Anda tidak bisa mencoba barang yang dibeli, misalnya pakaian atau sepatu. Sehingga Anda hanya bisa memercayakan pada nomor yang tertera dan siap menanggug risiko bila tidak sesuai keinginan.

3. Ada biaya pengiriman
Karena Anda tidak langsung mendatangi toko atau penjualnya untuk bertransaksi, sudah barang tentu ada ongkos kirim agar barang yang dibeli sampai dengan selamat ke tangan Anda.

4. Ada jeda waktu
Antara waktu pembayaran dan waktu terima barang ada jeda waktu yang lumayan. Jika lancar bisa 3 atau 4 hari sampai, bergantung di mana kota tinggal Anda, dan di mana si penjual online berdomisili.

5. Barang rawan rusak

Karena bercampur dengan banyak barang lainnya di ekspedisi pengiriman, maka ada kemungkinan barang yang Anda beli bisa rusak. Baik tertindih, terlempar, sobek atau bahkan pecah. Anda harus siap menerimanya.

6. Jika terjadi kesalahan harus diproses dalam waktu cukup lama
Jika ada ketidakcocokan barang, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengurus proses penukaran maupun pengembalian jika diperlukan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *