Cara Memperluas Network Demi Kesuksesan Bisnis dan Karier

Bagi orang yang biasa terjun pada dunia bisnis pasti sudah memahami betapa pentingnya membangun jaringan (networking) di masyarakat luas. Bahkan sekarang ini, networking yang luas menjadi salah satu tolok ukur bagi kesuksesan bisnis atau perusahaan Anda.

Jika Anda masih bertanya-tanya apa untungnya memiliki banyak network, jawabannya sederhana saja. Dengan bertambahnya network berarti bertambahnya koneksi dalam bidang bisnis Anda, bertambahnya rekan untuk bertukar pikiran terkait perkembangan dan kemajuan bisnis masa kini, bertambahnya peluang untuk mengembangkan diri, menambah pengetahuan, juga memberikan kepercayaan diri Anda dalam berbisnis dan bekerja.

Ini dia 7 cara memperluas network demi kesuksesan bisnis dan karier.

1. Bergabung dengan organisasi profesional
Jika Anda membutuhkan tempat atau wadah untuk menambah networking secara signifikan, Anda dapat bergabung dengan organisasi profesional, seperti contohnya persatuan wartawan atau persatuan insinyur Indonesia. Ketika kamu bergabung dengan organisasi profesional tertentu, cobalah membangun relasi dengan anggota-anggota organisasi yang lain, kamu bisa mencari orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda, ke depannya bisa saja dia menjadi partner bisnis Anda.

2. Menghadiri acara sosial
Hadirilah acara-acara sosial seperti ulang tahun kantor, kegiatan amal, atau acara olahraga antar kantor. Meskipun terkesan santai, kegiatan tersebut dapat membantu Anda dalam membangun jaringan dan relasi. Manfaatkanlah suasana acara tersebut yang jauh lebih santai dan informal untuk berbincang-bincang dengan orang lain, apabila Anda beruntung, Anda bisa saja menemukan rekanan bisnis baru.

3. Rajin mengikuti seminar
Selain membekali diri Anda dengan berbagai ilmu dan keterampilan baru, dengan mengikuti acara seminar dan forum, Anda bisa memiliki kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang baru dan memiliki minat yang sama dengan Anda. Cukup beranikan diri Anda untuk berkenalan dengan peserta lain, setelah itu jangan ragu untuk menggali keahlian dan pengetahuan dari kenalan baru Anda.

4. Berinteraksi dengan kelompok dan komunitas lain

Bergaul dan berinteraksi dengan kelompok atau komunitas yang memiliki minat sama dengan Anda memang menyenangkan. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjalin relasi dengan komunitas yang memiliki kesukaan berbeda dengan Anda. Jika Anda menyadari, mereka yang memiliki pemikiran berbeda dengan Anda pasti memiliki perspektif yang berbeda juga hal ini sangat penting untuk memperkaya pola pikir, kreativitas, dan ide-idemu.

5. Memanfaatkan internet

Jika Anda menganggap internet hanya berguna sekadar hobi semata, Anda salah! Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini Anda bisa membuat profil karier atau bisnis di internet. Gunakanlah media sosial yang berorientasi pada karier dan bisnis seperti LinkedIn, kemudian tambahkan orang-orang yang Anda sudah kenal sebelumnya, siapa tahu mereka bisa mengarahkan Anda pada jaringan yang lebih luas lagi. Buatlah juga profil Anda secara menarik, lugas, dan jelas untuk mempromosikan pengalaman karier Anda. Percayalah, Anda dapat dengan mudah mendapatkan rekan dengan bidang kerja serupa di sana.

6. Menentukan target

Salah satu faktor krusial untuk menjamin jaringan kerja Anda semakin meningkat hari demi hari adalah dengan menentukan target. Anda bisa menentukan target jangka pendek untuk memberikan dan menerima satu atau dua kartu nama setiap minggunya. Dengan menentukan target yang harus dikejar dalam waktu tertentu, Anda akan terpacu untuk memperluas jaringan bisnis Anda lebih luas lagi.

7. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Dalam membangun jaringan bisnis dan pekerjaan Anda, salah satu poin yang paling penting adalah membangun komunikasi yang baik dengan rekan bisnis Anda. Untuk itu, jangan malas untuk melakukan basa-basi sebagai awal komunikasi, seperti hobi, profesi, ataupun keluarga. Yang terpenting, Anda menjalin komunikasi dengan sabar untuk menjaga hubungan baik dengan rekan Anda.

 

 

 

 

Sumber: cermati.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *