BENTUK

Oleh: Adhy Trisnanto

Kadang membiarkan pikiran mengembara itu asyik. Misalnya saja, kenapa ada bentuk? Untuk menjawabnya bisa saja kita bayangkan dari sisi negatif: Seandainya tidak ada bentuk, maka apa jadinya semesta alam ini? Bahkan seandainya makhluk cuma berupa seonggok massa, tetap saja itu akan punya bentuk. Lebih ekstrim lagi seandainya semua makhluk berupa titik, titik kan juga bentuk?

Lalu, bagaimana bentuk bisa ada? Lihat saja tubuh kita sendiri. Kalau saja tidak ada tulang yang merupakan rangka tubuh, maka daging (otot) akan susah melekat. Selain itu daging tadi masih diikat dan berbentuk karena peran kulit. Jaringan kulit seorang berusia lanjut yang sudah mengendur, akan menyebabkan bagian-bagian tubuh tertentu berubah bentuknya. Pipi jadi kendur, lengan jadi kendur, perut juga jadi kendur. Jadi keberadaan bentuk itu bisa terjadi karena dukungan banyak hal.

Dari program-program televisi dan media lain, kita sering diberi cerita tentang perubahan bentuk yang perlahan terjadi pada makhluk di alam semesta ini. Mata orang Tionghoa sipit karena mereka harus menahan dingin, jalan seseorang jadi pincang karena rasa nyeri berkepanjangan di tungkainya karena penyakit tertentu, badan seseorang mekar karena kebanyakan makan, leher jerapah panjang karena makanan mereka ada di tempat tinggi, bunga matahari menghadap ke timur karena dia membutuhkan sinar matahari. Ternyata bentuk sangat toleran terhadap sekelilingnya, cepat atau lambat, evolusi atau revolusi, bentuk bisa berubah untuk mempertahankan hakikat keberadaannya.

Bentuk yang beragam benar-benar menjadi hiburan yang menarik. Bayangkan seandainya manusia sama bentuk semuanya. Pasti yang ada seperti kumpulan robot yang benar-benar membosankan. Bahkan tumbuhan pun punya bentuk yang berbeda-beda, bisa ukurannya yang beda, bisa tebal tipisnya, bisa juga besar kecilnya.

Alam semesta memang benar-benar menakjubkan. Kita tidak akan pernah kehilangan cerita untuk mengaguminya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *