Bagaimana Menjalankan Bisnis Dengan Dana Pas-Pasan?

Banyak pebisnis yang gulung tikar akibat kurang mengerti cara menjalankan bisnisnya. Bahkan ada yang mengira bahwa dengan modal besar mampu menjamin bisnis akan berjalan dengan sukses. Suntikan investor juga diyakini bisa membawa sebuah bisnis menuju puncak.

Pemikiran tersebut sebaiknya Anda buang jauh-jauh. Besarnya modal tak selamanya menjamin bisnis akan berjalan dengan lancar dan sukses. Justru ada juga yang mampu mengoperasikan bisnisnya hingga memperoleh keuntungan dan balik modal dengan dana yang terbatas.

Apabila saat ini Anda hanya memiliki dana pas-pasan untuk membuka bisnis maka laksanakan niat tersebut. Jangan karena keterbatasan modal membuat tekad Anda menciut. Ikuti tips di bawah ini agar Anda tetap bisa menjalankan bisnis dengan dana yang terbatas.

  • Sesuaikan bisnis dengan keahlian
    Sama halnya dengan memilih pekerjaan yang harus sesuai dengan keahlian Anda. Menjalankan bisnis juga demikian. Usahakan membuat bisnis yang mampu Anda jalankan berdasar keahlian, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. Pasalnya, Anda akan nyaman menjalankannya serta tak perlu konsultan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Hindari memilih bisnis yang sama sekali tak Anda kuasai karena akan memperburuk kondisi bisnis Anda dan berbuntut pada kerugian. Pun jangan membuka bidang bisnis karena ikut tren.
  • Kerja keras dan ide kreatif
    Dua faktor ini merupakan modal utama dalam membangun sebuah bisnis. Meskipun dengan dana terbatas tapi Anda berupaya keras untuk membangunnya disertai ide kreatif dan inovatif, maka bisa menghasilkan bisnis yang sempurna. Buah kerja keras Anda ini bisa saja membuat usaha Anda berkembang dengan sendirinya dan mengundang investor untuk bergabung. Keputusan ada di tangan Anda, apakah akan menjual bisnis atau bermitra dengan investor tersebut.
  • Menjalankan strategi promosi
    Kerja keras Anda akan membuahkan hasil jika disertai dengan strategi promosi yang tepat. Langkah awal berpromosi bisa dimulai dengan memberi tahu keluarga, teman, rekan-rekan Anda mengenai bisnis yang hendak dibangun. Caranya? Melalui sosial media, broadcast bbm, bahkan email. Teknik promosi melalui power of mouth saat ini lebih efektif dan ampuh dalam branding produk.
  • Pikiran tenang dan bebas stress
    Menjalankan bisnis dengan pikiran yang tenang dan bebas stress akan membuat Anda lebih bersemangat. Untuk tetap santai saat menjalankan usaha dengan dana terbatas sebaiknya lakukan penghematan dalam belanja. Anda bisa membeli perlengkapan usaha Anda dari hasil pendapatan dan hindari berutang. Bebas stres dan utang akan sangat membantu meningkatkan peluang dan menciptakan bisnis yang sukses.

Anda jangan khawatir jika memiliki dana pas-pasan ketika mau berbisnis. Asal punya strategi dan memiliki tekad kuat pasti keinginan itu bisa terlaksana. Dan cobalah empat tips di atas.

 

 

 

Sumber: marketing.co.id

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *