9 Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Startegis dan Menguntungkan

Ketika ingin memulai usaha, maka lokasi adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan demi memaksimalkan keuntungan yang didapat. Berikut ini beberapa tips yang dilansir seribupeluang.blogspot.com tentang bagaimana memilih lokasi usaha yang strategis dan memiliki prospek cemerlang kedepan.
1. Tingkat Kepadatan Penduduk

Lokasi usaha yang sangat mendukung berkembangnya usaha adalah jumlah kepadatan penduduknya. Dengan jumlah penduduk yang banyak dan rapat, roda usaha bisa berjalan dengan cepat karena secara tidak langsung konsumen sudah tersedia di lokasi sekitar. Bisa di bandingkan langsung dengan usaha yang berdiri di lokasi sepi penduduk, maka hanya segelintir konsumen saja yang datang, apalagi jika usaha kuliner, semakin ramai semakin baik, begitu pula sebaliknya. Usaha jenis lainnya pun juga hampir sama konsepnya.

2. Pendapatan Penduduk Sekitar Lokasi

Pendapatan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi di dalam sebuah rumah tangga, dengan pendapatan yang besar rata-rata pengeluaran juga besar. Maka dari itu mengapa lokasi usaha yang berdiri di pemukiman dengan pendapatan yang cukup tinggi memiliki penjualan yang besar pula.

Sebagai contoh usaha laundry yang berdiri di dekat perumahan dengan rata-rata pekerja atau karyawan bahkan mahasiswa, maka usaha laundry akan cepat berkembang dan laris manis. Dengan rata-rata penduduk sebagai karyawan maka prospek usaha bisa lebih cemerlang. Inilah alasan mengapa pendapatan penduduk sangat berpengaruh dengan usaha kita.

3. Tingkat Keramaian Lalu Lintas

Memang tingkat keramaian bukanlah penentu utama sukses tidaknya suatu usaha, semisal usaha yang didirikan di sekitar perumahan, kondisi lalu lintasnya jelas sepi, hanya saja karena konsumen langganannya warga sekitar permuahan maka roda usaha bisa terus berjalan.

Untuk usaha toko pakaian maka di butuhkan lokasi yang dekat dengan jalan umum yang ramai lalu lintas, apalagi jika dengan mall dan pusat keramaian.

4. Usaha Yang Mendukung Sekitar Lokasi

Dengan banyaknya usaha di sekitar lokasi, akan berdampak langsung dengan meningkatnya jumlah konsumen. Karena konsumen akan lebih memilih daerah yang terkenal dengan banyaknya usaha seperti pusat perbelanjaan misalnya. Karena konsumen pada umumnya tidak hanya mencari satu barang saat belanja, namun juga barang lain. Maka dari itu belanja di suatu lokasi yang menyediakan berbagai kebutuhan merupakan pilihan utama pada konsumen.

5. Tingkat Keamanan Sekitar Lokasi

Percaya atau tidak, lokasi di sekitar usaha harus terjada keamanannya, dimana tersedia lahan parkir yang mencukupi. Selain itu alangkah lebih baiknya jika anda memiliki tempat parkir yang luas agar memudahkan konsumen dari segi keamanan.

Pastikan juga di sekitar lokasi terkenal daerah yang aman dan tentram, jangan sampai salah memilih lokasi, lokasi yang sering terjadi tindak kejahatan tentu tidak di rekomendasikan.

6. Akses Menuju Lokasi

Lokasi usaha dengan akses yang mudah di jangkau tentu menjadi pertimbangan utama, bukan hanya akses yang mudah bagi konsumen, namun juga bagi perusahaan, misalnya usaha pabrik, maka lokasi harus mudah di lalui alat transportasi seperti truk misalnya. Dengan lokasi yang mudah di jangkau maka roda usaha bisa berjalan dengan lancar.

 

 

 

Image: tempat-usaha.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *