8 Bisnis Menguntungkan Saat Ramadhan

Sudah bukan rahasia lagi, bulan Ramadhan yang tengah menghampiri umat Muslim ini adalah lahan bisnis bagi sebagian orang. Banyak berkah yang didapatkan dari bulan mulia ini. Para pedagang musiman menjamur memenuhi timeline sosmed kita dan juga sepanjang jalan jelang waktu berbuka puasa.

Di bawah ini adalah beberapa item yang bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan saat Ramadhan:

1. Pakaian
Meski tak harus selalu menggunakan baju baru saat hari raya, tapi bisnis pakaian ini tetap ramai bahkan sedari awal Ramadhan. Orang berbondong-bondong mencari pakaian untuk keluarga maupun dipakai sendiri. Para desainer juga meluncurkan produk dengan desain khusus untuk menyambut Ramadhan dan idul fitri. Sehingga Ramadhan bisa dikatakan sebagai momen yang tepat untuk berbisnis pakaian.
2. Mukena dan Sarung
Selain pakaian, sarung dan mukena adalah item yang banyak dicari saat Ramadhan dan lebaran. Oleh karena itu tak ada ruginya jika Anda ingin mencari peruntungan dengan jualan sarung dan mukena.

3. Kurma
Ketika sudah mulai banyak bertebaran kurma di sosial media atau di supermarket yang Anda kunjungi, tandanya Ramadhan sudah tiba. Iya, kurma seolah menjadi simbol bagi Ramadhan dan lebaran. Anda bisa mulai berbisnis kurma dari sekarang. Meski tak seramai saat Ramadhan maupun lebaran, tapi kurma tetap mempunyai penggemar setia di hari-hari biasa.

4. Takjil
Takjil adalah makanan ifthar atau buka puasa. Sehingga ragam takjil ini hanya bisa ditemui saat ramadhan saja. Namun begitu, untuk yang dihasilkan bagi para pedagang musiman ini tidak bisa dibilang sedikit. Jika Anda mau, Anda bisa memulai membuat takjil dan menjualnya.

5. Kue Kering
Kue kering ini adalah juga kudapan khas lebaran. Meski pada hari-hari biasa juga tersedia, tapi begitu memasuki Ramadhan maka promo kue kering ini mulai menjamur. Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan momen ini untuk berkreasi membuat kue dan kemudian menjualnya.

6. Rental Mobil
Bisnis rental mobil memang tak pernah sepi, apalagi saat libur lebaran. Banyak orang memilih untuk menyewa mobil saat mudik daripada menggunakan kendaraan umum.

7. Parcel
Parcel juga bisa dikatakan sebagai produk musiman. Biasanya orang-orang membutuhkan sebagai hantaran ketika ingin berkunjung ke kolega saat menjelang hari raya. Banyak juga lembaga atau kantor yang memanfaatkan momen lebaran untuk memberikan hantaran kepada para customernya.

8. Minuman Dingin
Sebenarnya penjual minuman dingin ada setiap hari. Namun di saat bulan ramadhan, omset bagi para penjual minuman itu tentu bertambah. Apalagi di kota besar yang rawan macet, kebanyakan para karyawan kantor masih berada di jalan saat adzan maghrib tedengar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *