5 Macam Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Menjadi Ibu Rumah Tangga adalah pilihan. Namun meski begitu, bukan berarti Ibu Rumah Tangga hanya bisa berdiam tanpa menghasilkan apa-apa. Beberapa tips di bawah ini mungkin mengisnpirasi Anda untuk memulai bisnis dari rumah.

Freelancer

Menjadi seorang freelancer merupakan pekerjaan yang sangat mungkin untuk dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Baik menjadi seorang freelancer dalam bidang menulis, fotografi, maupun menulis naskah. Anda dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat Anda. Bukankah menyenangkan untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda, dan disamping itu pekerjaan rumah tangga tetap dapat terselesaikan dengan baik?

 

Menjual Produk Buatan Sendiri

Anda suka memasak atau menjahit? Atau Anda suka membuat kerajinan tangan? Memiliki bakat menggambar? Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan hobi Anda untuk membuat sesuatu yang menghasilkan. Entah itu berupa kue kering, sabun dan lilin aromaterapi, sepatu bayi, dan sebagainya. Anda dapat menjualnya ke tetangga, ke forum arisan, sekolah anak, ataupun ke kantor suami. Ingat pepatah sedikit-sedikit lama kelamaan menjadi bukit. Dari bisnis kecil-kecilan ini siapa tahu bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan di masa depan.

Bisnis Online Shop

Keberadaan berbagai media sosial sepeti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha dirumah. Terdapat berbagai macam barang yang dapat Anda jual misalnya: pakaian orang dewasa, pakaian bayi, tas wanita, mukena, sepatu, peralatan masak, dan lain-lain. “Toko” ini dapat Anda jalankan sambil melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjalankan bisnis rumahan ini seperti pengiriman barang untuk pembeli dari luar kota, transfer uang pembayaran, kualitas barang, dan ketersediaan barang.

Bisnis Catering
Bisnis rumahan ibu rumah tangga selanjutnya adalah bisnis catering. Saat ini bisnis catering dapat dibilang cukup menjanjikan karena semakin tingginya kesadaran kaum urban mengenai asupan makanan sehat. Agar lebih menarik, Anda dapat menentukan tema tertentu untuk bisnis catering Anda misalnya: menu makanan diet, menu makanan organik, menu makanan bebas gluten, menu makanan vegetarian, hingga menu makanan tradisional.

Multi Level Marketing (MLM)
Barangkali teman-teman atau keluarga Anda ada yang sudah mengikuti bisnis MLM ini. Pernahkah Anda berpikiran untuk mengikuti jejak mereka ini? Terdapat berbagai jenis produk MLM ini mulai dari peralatan rumah tangga, kosmetik, obat-obatan, dan sebagainya. Tetapi, Anda harus selektif dalam memilih jaringan MLM. Lakukanlah riset mengenai jaringan bisnis MLM mana yang terpercaya dan tidak merugikan Anda.

 

 

 

Sumber: entrepreneurmuslim.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *