5 Langkah Memulai Usaha

Banyak orang yang ingin memulai usaha, tapi bisa jadi lebih banyak lagi orang yang ragu-ragu saat ingin memulainya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membuka suatu usaha, nah berikut 5 langkah untuk memulainya:

 
1. Ide usaha yang jelas
Jangan sampai keinginan usaha hanya besar din iat tanpa tahu detail jelas tentang usaha yang ingin dilakukan. Sesuaikan usaha dengan minat dan bakat yang dimilik agar segala proses yang dilakukan menjadi lebh ringan. Contohnya, ketika Anda suka masak dan cukup piwai meramu resep menjadi makanan yang enak, cobalah untuk membuka warung makan atau bisnis catering, sebab setidaknya ketika bisnis Anda belum juga berhasil, Anda masih dengan sennag hati melakukannya untuk hobi. Jangan lupa, cari branding yang unik sehingga berbeda dengan usaha yang sudah ada sebelumnya.

 
2. Modal
Buat kalkulasi yang jelas mengenai modal ini. Sebab tanpa modal usaha Anda mustahil bisa berjalan. Kira-kira berapa lama Anda bisa utuh mengembalikan modal. Perhitungkan juga kalau-kalau usaha tidak berjalan semulus seperti yang Anda bayangkan. Tentu modal perlu diselamatkan, jika perlu ditambah. Pemisahan keuangan pribadi dan bisnis mutlak
diperlukan, jangan sampai modal Anda habis demi menambal keperluan pribadi akibat usaha yang belum juga menghasilkan untung yang lumayan di awal-awal.

 
3. Perhatikan tempat berjualan
Diakui atau tidak, tempat merupakan faktor yang cukup menentukan berjalannya suatu usaha selain modal. Tempat tersebut tentu harus ramai, banyak dilalui orang atau juga tempat dimana produk yang dijual masih terbilang langka.

 

4. Perluas networking
Jika Anda sudah memiliki lingkar pertemanan yang luas, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Namun begitu, teruslah memperluas networking atau jaringan untuk membuka pasar Anda. Sehingga semakin banyak kemungkinan peminat atau customer
dari produk Anda.

 
5. Siapkan promosi
Buat promosi semenarik mungkin saat Anda akan melakukan launching produk. Setelah itu Anda juga bisa membuat sistem keanggotaan, untuk memberikan diskon khusus maupun layanan khusus yang lain.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *