5 Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses

Katanya berdagang atau mempunyai usaha sendiri itu gampang-gampang susah. Banyk untungnya pun tak kurang pengalaman saat merugi. Tentu Anda harus selalu bersiap menghadapi kedua kondisi tersebut. Nah bagi anda yang mempunyai niat untuk berwirausaha setidaknya Anda harus memperhatikan 5 langkah di bawah ini yang kami lansir dari laman seribupeluang.org

1. Ide Usaha (Business Ideas)

Ide usaha merupakan hal terpenting sebelum memulai suatu usaha. Rasanya sangat mustahil kita memulai usaha tanpa ada ide usaha sebelumnya. Mengapa ide usaha menjadi begitu penting? Ini dikarenakan usaha jika di awali dengan ide yang baik serta memandang jauh ke depan akan menghasilkan usaha dengan kualitas yangprima. Lalu yang menjadi pertanyaan terbesar, bagaimana kita menentukan ide usaha?

Untuk menentukan ide usaha, Anda dapat menemukan ide itu dari rutinitas sehari-hari, mulai dari hobi, kegemaran, keahlian, kesukaan dan hal lainnya yang menurut Anda dapat Anda kuasai. Jika Anda memulai suatu usaha dari hal yang Anda kuasai maka usaha tersebut akan berjalan lancar bahkan saat terjadi masalah sekalipun. So, “Tentukan ide usaha anda sekarang juga!”

2. Rencana Usaha (Business Plan)

Setelah Anda berhasil menemukan ide sempurna untuk usaha yang akan dijalani, langkah selanjutnya adalah rencana usaha yang matang. Rencana usaha menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan sebelum memulai suatu usaha.

Salah satu masalah yang akan timbul jika Anda mengabaikan business plan adalah kekacauan di tengah usaha yang berakibat pada kemunduran bahkan kegagalan usaha. Dengan membuat business plan, Anda dapat mengetahui kemana arah dan tujuan usaha Anda. Meski usaha Anda bersifat mikro (kecil) namun dengan arah serta tujuan yang pasti, usaha Anda akan cepat maju dan berkembang. Selain itu, dengan rencana usaha yang matang Anda dapat menentukan berapa modal awal serta penghasilan yang kelak didapatkan. Dan dengan perencanaan yang baik, tentunya Anda dapat meminimalisir biaya pengeluaran namun dengan penghasilan yang maksimal.

3. Survei (Observations Environment)

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah survei atau pengamatan lingkungan sekitar. Lalu apa kegunaan dari survei ini? apakah wajib untuk di lakukan?

Jika kita melihat dari segi keuntungan yang didapat tentunya survei sangat wajib untuk dilakukan. Survei atau pengamatan dilakukan untuk mengetahui kondisi konsumen, lingkungan sekitar, lokasi usaha, pesaing, target penjualan, pemasaran dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Dengan survei Anda juga dapat mengetahui banyak hal serta peluang berkembang tidaknya usaha Anda. Jika anda mendirikan usaha
dengan lingkungan yang mendukung serta minim pesaing maka dapat dipastikan jika usaha anda siap meroket dan bersiaplah menjadi seorang pengusaha sukses.

4. Persiapkan Usaha Dengan Baik (Preparation of Business)

Usaha apapun yang akan dilakukan tentu butuh persiapan yang matang. Saat Anda memulai membuka usaha, pastikan Anda sudah membereskan surat izin usaha yang diperlukan. Pikirkan juga mengenai karyawandan administrasi, alat-alat, tempat, mesin, logo, nama perusahaan serta bagaimana strategi branding yanga kan dilakukan.

5. Memulai Usaha (Action)

Setelah selesai dengan dengan langkah-langkah di atas, kini saatnya Anda beraksi.

Sebagai seorang wirausahawan pemula, wajar jika terasa sangat berat. Ada saja hal yang menggangu pikiran sehingga menjadi hambatan untuk segera memulai usaha. Namun jika Anda seperti itu terus kapan majunya, bangkitlah dan buang semua pikiran negatif dari pikiran anda, berjuanglah dalam mendirikan usaha dan jangan pernah menyerah sampai anda berhasil.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *