10 Tips Jitu Tentang Marketing

Jika membahas segala hal tentang marketing memang tak akan ada habisnya. Ada saja yang baru, ada saja yang sellau berkembang. Begitu pun tentang tips-tips marketing yang sedikit banyak dapat dijadikan rujukan saat memulai bisnis. Nah, berikut ini beberapa tips bermarketing untuk Anda:

1. Mengerti Kebutuhan Costumer
Mengenal customer anda dengan baik merupakan langkah terpenting dalam proses marketing, semakin akurat info yang anda dapatkan dari customer, maka semakin efektif anda akan sampai ke penjualan.

2. Lakukan Observasi Lingkungan Marketing
Mengenal customer Anda itu penting tetapi ada juga kemungkinan peluang bisnis yang muncul sebagai akibat dari perubahan keadaan global, contohnya ada produk baru yang datang tiba di area market Anda. Pastikan secara teratur Anda melakukan ‘scan’ peluang lingkungan eksternal dan ancaman.

3. Sesuaikan Rancang Produk dengan Customer
Rancang dan presentasikan produk anda sesuai dengan yang customer anda inginkan, sekali anda memiliki marketing plan, Anda harus memastikan produk atau service Anda sesuai dengan customer, mulai dari packaging untuk promosi.

4. Pastikan Anda Bekerja Secara Halus dan Efisien
Proses menjalankan bisnis anda itu sama pentingnya dengan produk itu sendiri, pastikan pengiriman cepat, perlakukan customer dengan sopan. Berikan senyuman, berikan kejutan dan kenyamanan untuk membuat pelanggan senang. Word of mouth juga merupakan alat yang kuat dalam penjualan.

5. Rancang Target Iklan dan Komunikasi Pelanggan
Menempatkan beberapa iklan itu tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari pelangan. Pelanggan mendapatkan
pesan marketing setiap hari dalam hidup mereka, dan Anda harus melakukan hal yang lebih cantik dan menarik lagi untuk menarik perhatian mereka. Gunakan emosional dan rasional argumen untuk mendemonstrasikan penjualan dan beri alasan mengapa mereka butuh dan harus membeli produk Anda.

6. Berinvestasi dengan Orang Anda
Staff atau karyawan adalah aset anda, berikan mereka motivasi dan training untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Berikan mereka alat yang dibutuhkan, pastikan mereka mengerti tanggung jawab terhadap pekerjaan. Jika mereka bekerja bersama sebagai tim yang handal, bisnis Anda akan jauh lebih meningkat.

7. Jaga Kerapihan Tempat Usaha Anda
Kantor atau toko yang rapi mencerminkan seberapa hebat perusahaan Anda. Buatlah pelanggan Anda senyaman mungkin. Jika depan kantor atau toko berantakan, apa yang akan mereka pikirkan tentang perusahaan, gudang, dan sistem Anda? Mereka akan berpikir jika sistem dan yang lainnya sama berantakannya dengan depan kantor atau toko Anda.

8. Memiliki Strategi Harga
Jangan hanya menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin. Harga merupakan alat yang bernilai kuat untuk mendapatkan tujuan Anda. Putuskan apa yang ingin Anda coba dapatkan dan pesan apa yang bisa Anda berikan dengan meningkatkan harga. Harga tinggi itu artinya Anda akan mengurangi penjualan, begitu juga sebaliknya, harga murah bisa mendominasi penjualan, pastikan harga merupakan bagian terbesar strategi, cantumkan hal ini di marketing plan.

9. Tanggapi Komplain dengan Baik
Tanggapi setiap komplain pelanggan dengan baik dan cepat. Ingat bahwa brand mudah rusak, dan kepuasan pelanggan adalah kunci pemasaran Anda.

10. Tulis Marketing Plan
Kembangkan strategi Anda dalam bentuk tulisan marketing plan, dan memastikan semua member atau tim mengerti dengan arahan perusahaan.

 

 

disarikan dari: marketing.co.id

sumber foto  :  mooreandsmalley.co.uk

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *