10 Cara Mewujudkan Mimpi Menjadi Entrepreneur

Ada banyak jalan yang bisa ditempuh apabila Anda hendak menjadi seorang entrepreneur. Anda bisa belajar dari pakarnya atau mengikuti seminar-seminar yang membahas soal entrepreneurship. Ternyata, untuk menjadi seorang entrepreneur bukan hanya dibutuhkan niat dan tekad yang bulat. Ada banyak cara dan modal yang bisa dilakukan agar mimpi menjadi seorang entrepreneur bisa terwujud. Apa saja itu?

1. Produktif
Seorang yang berjiwa entrepreneur harus produktif, karena bisnis yang hendak dijalankan merupakan gagasan Anda sendiri. Dan Anda adalah pemeran utamanya. Menjadi produktif bisa dimulai dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tren bisnis yang sedang berkembang dan berkaitan dengan core bisnis Anda.

2. Membatasi waktu
Kebanyakan orang menjadi produktif adalah di saat pagi hari. Apalagi saat pikirannya sudah lebih tenang dan perut juga sudah terisi. Untuk itu, membatasi waktu santai Anda di pagi hari selama 15 menit adalah hal yang tepat. Jangan lebih dari 15 menit untuk minum kopi, membaca koran dan e-mail. Maksimal kan waktu produktif Anda di pagi hari untuk berbuat sesuatu terhadap bisnis Anda.

3. Visualisasi diri
Coba dalam sehari Anda memvisualisasikan hal-hal yang ingin dilakukan. Memejamkan mata selama 30 detik dan mulai membayangkan hal-hal apa saja yang hendak diwujudkan pada hari itu. Jika rutin dilakukan, Anda akan memiliki banyak keinginan dan tahu cara untuk mewujudkannya.

4. Fokus
Cara selanjutnya ialah fokus pada bisnis yang hendak dijalankan. Ketika Anda sudah mulai fokus pada satu bidang bisnis, maka Anda akan berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dan perlahan membangun bisnis Anda dari nol.

5. Perluas jaringan
Faktor yang turut menentukan keberhasilan Anda sebagai seorang entrepreneur ialah jaringan. Jaringan ini yang akan membawa Anda pada tingkat bisnis lebih tinggi sehingga Anda perlahan-lahan bisa membangun bisnis sendiri. Mulailah menghubungi jaringan bisnis yang Anda miliki melalui e-mail atau pesan singkat dan ajak untuk bertemu secara tatap muka agar bisa memperoleh banyak informasi.

6. Evaluasi
Setiap malam sebelum Anda tidur, cobalah mengevaluasi diri. Apakah dari bisnis yang hendak dijalankan, Anda menemui kendala? Atau hal apa yang sekiranya harus dilakukan esok hari agar bisnis ini bisa terus berjalan. Bila Anda melakukan ini terus-menerus maka Anda akan selalu siap menghadapi segala kendala yang menerpa bisnis Anda.

7. Punya komitmen
Ketika Anda sudah terjun dalam dunia entrepreneur, miliki komitmen untuk serius di dalamnya. Komitmen ini menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab untuk membesarkan bisnis sendiri. Kendala atau masalah pasti akan kerap Anda temui dalam menjalankan bisnis, namun itu adalah bagian dari hidup dan bisnis Anda. Ujian nyata adalah bagaimana Anda dan bisnis Anda menangani kendala tersebut.

8. Inovatif dan kreatif
Ada berbagai cara untuk mengembangkan bisnis Anda, salah satunya ialah terus berinovasi pada produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kreatif. Temukan cara cerdas, inovatif dan kreatif agar bisnis yang Anda jalankan tidak cepat mati di tengah persaingan bisnis.

9. Temukan target pasar
Dalam menentukan target pasar yang sesuai dengan produk atau jasa Anda, maka harus sering-sering melakukan survey. Jangan sampai salah sasaran. Perlu Anda ketahui bahwa, pasar jasa maupun produk premium terus tumbuh dan setiap bisnis harus mencari produk yang tepat untuk melayani konsumen di pasar ini.

10. Tangkap peluang
Cara terakhir untuk mewujudkan mimpi Anda jadi seorang entrepreneur ialah menangkap setiap peluang dan kesempatan yang datang. Apabila Anda teman Anda yang sudah lebih dulu sukses menjadi entrepreneur tanyakan padanya, apa kiat-kiatnya dan jika ia mengajak Anda sebagai partner bisnis, jangan lewatkan kesempatan itu. Jika kesempatan datang dan Anda tidak siap, Anda telah melewatkan peluang untuk maju beberapa langkah.

 

 

 

Sumber: marketing.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *